Hari ini, tepat di peringatan 70 tahun kemerdekaan Indonesia, ada yang berseliweran mewarnai timeline berbagai social media Tanah Air. Dari Path, Facebook, Twitter, YouTube, video Kebyar-Kebyar, lagu ciptaan penyanyi legendaris Indonesia, Gombloh. Yang luar biasa, lagu megah ini dibawakan oleh band asal Inggris, Arkarna.

Video Kebyar Kebyar ini sebenarnya proyek kerjasama Arkarna dengan Warner Music Indonesia, untuk kampanye anti narkoba. Idenya muncul saat gitaris Arkarna, Matt Hart, mengunjungi pusat rehabilitasi narkoba di Jakarta. Ia lantas tergerak untuk berbuat sesuatu, dan menggandeng vokalisnya, Ollie untuk menyuguhkan lagu yang bernuansa nasionalisme.

Pilihan pun jatuh pada lagu megah gubahan almarhum Gombloh tersebut. Keduanya membawakan Kebyar-Kebyar, dengan pengucapan lirik yang fasih oleh Ollie dan lengkingan gitar Hart. Tak hanya mereka berdua, Arkarna juga menampilkan alat musik tradisional gamelan dan panerus, serta anak-anak sekolah Indonesia. Secara resmi, video ini dirilis pada 15 Agustus 2015, dan dalam hari menjaring lebih dari 68 ribu penonton.

Cinta, termasuk pada Indonesia memang harus diungkapkan secara nyata. Seperti ucapan kedua musisi kondang tersebut di akhir video mereka. “Love Indonesia, Hate Drugs...