Merdeka.com --- Mantan presiden Academy of Motion Pictures, Tom Sherak meninggal dunia di usianya yang ke-68. Keluarga mendiang yang pertama kali menyiarkan kabar kematian tersebut. Sherak meninggal pada hari Rabu (29/01) karena penyakit ganas yang sudah menggerogotinya selama 12 tahun.

Pihak Academy turut mengungkapkan bela sungkawa atas meninggalya Sherak. Ia menjadi presiden dalam organisasi tersebut mulai tahun 2009 - 2012. Beberapa saat sebelum ia meninggal, Sherak dianugerahi Hollywood Walk of Fame. Sayang ia tak bisa hadir dalam momen penghargaan tersebut.

Mantan petinggi Academy ini dikenang lewat beberapa jasanya dalam memajukan organisasi perfilman Amerika tersebut, salah satunya adalah mengembalikan popularitas Oscar dan menambah jumlah nominasi untuk kategori Best Picture di ajang tersebut.

"Tom adalah pahlawan dalam hidup kami yang punya aura seorang bintang dan punya sayap untuk bisa melambung tinggi," ujar perwakilan keluarganya dalam sebuah rilis resmi.

Di mata rekan-rekannya, Sherak adalah sosok yang bersemangat dan punya harapan besar akan perfilman Amerika. "Lebih dari 30 tahun aku mengenal Tom. Dukungannya akan bisnis perfilman tak akan hilang dari ingatanku," ujar presiden Academy yang menjabat sekarang, Cheryl Boone Isaacs.

tom_sherak_a_l

Tom Sherak dalam perjalanan karirnya ditunjuk juga oleh 20th Century Fox untuk mengerjakan beberapa film seperti WALL STREET, INDEPENDENCE DAY dan STAR WARS: EPISODE 1 - THE PHANTOM MENACE.