Merdeka.com - Aktor Harold Ramis yang populer lewat perannya dalam THE GHOSTBUSTERS meninggal di usianya yang ke 69. Aktor sekaligus sutradara ini meninggal karena komplikasi dan juga penyakit langka, autoimmune inflammatory vasculitis, seperti diungkap istrinya Erica Mann Ramis kepada Chicago Tribune.

"Kreativitasnyta, hasratnya, kecerdasannya, humornya, dan semangatnya akan selalu dirindukan oleh semua orang yang mengenal dan mencintainya," ujar perwakilan keluarganya dalam sebuah pernyataan.

Kondisi Ramis berangsur memburuk sejak Mei 2010 setelah menderita infeksi. Ia dikabarkan membaik setelah itu namun kembali memburuk pada tahun 2011. Perannya yang paling dikenal adalah sebagai Egon Spengler dalam film komedi aksi supranatural, THE GHOSTBUSTER (1984). Serial ini serta sekuelnya ditulis olehnya bersama Dan Aykroyd.

Ramis lahir dari pemilik toko makanan dan minuman Ruth dan Nathan Ramis di 1944. Ia lulus dari Senn High School dan Washington University di St Louis. Ia meninggalkan seorang istri Erica Mann dan dua orang anak laki-laki, Julian dan Daniel. Ramis pun telah menjadi seorang kakek dengan mendapat dua cucu.

Sang istri mengungkap bahwa pemakaman Ramis akan dilangsungkan pekan ini secara tertutup.

egon