Masyarakat era saat ini pastinya udah sangat familiar dengan penggunaan komputer. Yup, berbagai hal bisa dilakukan mesin unik ini, misalnya untuk mengetik, browsing, memutar video hingga bermain games. Jika PC biasa udah bisa melakukan hal-hal seperti itu, apa sih yang bisa dilakukan oleh komputer paling cerdas di dunia?

Seperti yang diketahui, komputer tercerdas saat ini adalah Tianhe-2. Disebut paling pintar lantaran proses membuatnya yang gila-gilaan. Diketahui, komputer ini dirakit oleh sekitar 1300 ilmuwan dan insinyur.

Komputer milik pemerintah China dan dibuat oleh  salah satu universitas terkenal di negara tersebut juga memiliki konstruksi yang gila. Jika komputer biasa hanya membutuhkan sekitar 7 atau 8 core aja, Tianhe-2 mempunyai sekitar 3.120.000 inti. Wuih.

Dengan jumlah inti sebanyak itu, Tianhe-2 tentunya mampu melakukan hal-hal hebat ya. Yup, komputer tersebut mampu melakukan kalkulasi data hingga 33.860 triliun kali per detik. Bahkan satu jam kalkulasi Tianhe-2, sama nilainya dengan 1000 tahun kalkulasi yang dilakukan oleh seluruh penduduk China saat ini.

Ke depannya, pemerintah negeri bambu mengharapkan jika komputer super cerdas ini bisa digunakan untuk berbagai hal. Terutama yang bisa berguna untuk berbagai keperluan strategis. Hal ini merujuk kepada mantan komputer terpintar milik Amerika Serikat, Sequoia, yang saat ini udah bisa digunakan untuk memperpanjang umur senjata nuklir atau melakukan berbagai eksperimen baru.