Kabarnya bakal dites di fasilitas pengujian mobil tanpa driver di sekitar San Fransisco, Amerika Serikat.

Dunia gadget dan teknologi memang enggak pernah berhenti. Begitu pula isu soal Apple membuat mobil, terus bergulir setelah sekian lama. Hari ini koran Inggris, The Guardian mengungkap telah berkorespondensi mengenai uji coba mobil dengan engineer Apple, Frank Fearon di fasilitas GoMentum Station.

"Kami ingin... Membangun pemahaman mengenai waktu dan ketersediaan tempat, dan mengenai bagaimana kami ingin mengkordinasikan dengan pihak-pihak terkait yang akan menggunakannya," kutip koran tersebut sebagaimana ditulis Fearon.

GoMentum Station merupakan fasilitas di Concord, sekitar 30 menit perjalanan bermobil dari San Fransisco, Amerika Serikat. Ini merupakan fasilitas khusus yang dirancang untuk menguji teknolgi mobil-mobil tanpa driver. GoMentum Station memiliki jalan sepanjang 32 km yang yang dirancang sesuai skenario jalan raya sesungguhnya.

Hingga hari ini berita yang diketahui hanyalah bahwa Apple telah mempekerjakan sejumlah tenaga ahli dari industri mobil ke dalam proyeknya. Proyek mobil ini disebut-sebut sebagai ‘Project Titan’. Meski begitu Apple tidak pernah mengkonfirmasikan kebenaran berita tersebut.

Dalam suratnya Fearon menjelaskan, "Kami berharap untuk menyaksikan presentasi di jalur tes dengan pengaturan letak, foto dan deskripsi mengenai bagaimana berbagai area di fasilitas tes tersebut bisa digunakan."

Saat dikonfirmasi, GoMentun sendiri secara tegas menyatakan bahwa Apple memang tertarik dengan fasilitasnya. Sementara Vice President Apple, Jeff Williams pada awal tahun lalu juga sempat menyebut bahwa mobil itu merupakan 'ultimate mobile device'.