Sering batalin acara gara-gara nggak kebagian tempat parkir di mall? Problem sepele tapi makan hati itu bakal hilang untuk selamanya setelah ini, khususnya buat loe yang tinggal di ibukota. Belakangan, Pemerintah DKI Jakarta tengah menggodok wacana pembuatan aplikasi parkir elektronik dengan data real time yang bisa diakses sewaktu-waktu. Terdengar sederhana, tapi cukup bermanfaat.

Ketika udah diimplementasikan loe nggak usah menebak-nebak lagi apakah tempat parkirnya penuh atau kosong. Cukup pantau dengan aplikasi ini loe bisa tenang. Penggunaannya bisa ketika udah dekat dengan lokasi untuk menghindari ‘penyerobotan’ udah biasa terjadi itu.

Secara teknis, nantinya pihak pengelola parkir bakal memberikan semacam electronic card untuk setiap mobil yang masuk. Data dari kartu ini kemudian diolah oleh sistem sehingga di layar smartphone bakal muncul pemberitahuan terbaru secara real time.

Pemerintah DKI menargetkan proyek ini bakal diimplementasikan secara menyeluruh pada tahun 2016 nanti. Sedangkan dua tahun setelahnya, bakal makin banyak public spot yang dibekali dengan sistem ini termasuk yang di pinggir-pinggir jalan. Nice one!

Sebenarnya apps ini masih bisa dikembangkan lagi dengan beberapa fitur tambahan seperti booking parkir atau berlangganan parkir. Nantinya customer hanya cukup mengisi saldo parkir dan cukup menunjukkan barcode atau semacamnya, serta bisa digunakan beberapa kali dalam sehari. Meskipun masih belum berencana ke sana, tapi konsep parkir elektronik ini udah keren banget. Salut buat Pemerintah DKI!