Talkmen.com --- Tunggangan James Bond dari masa ke masa. Mobil antik ini telah setia mengantar James Bond dari era Goldfinger hingga Skyfall.

Ketangkasan, keunikan, dan sejarah membuat Aston Martin DB5 menjadi buruan kolektor mobil antik kelas kakap.

Bagi Anda penggemar film James Bond, mobil ini mungkin tak asing lagi. Bagaimana tidak, mobil antik ini ada di beberapa serial legendaris tersebut. Sebut saja GoldfingerThunderballGoldenEyeTomorrow Never Dies, dan Casino Royale yang menggunakan mobil lansiran perusahaan otomotif Aston Martin ini.

Jika Anda sudah kenal bentuknya, tapi tak kenal namanya, inilah Aston Martin DB5, mobil sport mewah yang dikeluarkan sekitar tahun 1963. Sebenarnya, Ian Fleming, sang penulis novel James Bond, menggunakan mobil DB Mark III dalam cerita-cerita di novelnya. Namun, kemudian diputuskan untuk menggunakan DB5, karena inilah jenis mobil terbaru yang diproduksi oleh Aston Martin saat film James Bond pertama kali diproduksi.

Sean Connery berpose di depan Aston Martin DB5 saat memerankan James Bond 'Goldfinger'.  

Dinamakan DB5, karena seri ini adalah hasil pengembangan sebelumnya, yaitu DB4. Jika mesin DB4, yang semuanya terbuat dari alumunium berkapasitas 3,7 liter, maka DB5 memiliki kapasitas sedikit lebih tinggi, 4,0 liter, dilengkapi dengan ZF five speed transmission. Mobil ini menggunakan 282 daya kuda dengan kecepatan maksimum 238 km/jam.

Seri DB sendiri adalah singkatan dari David Brown. Dinamakan demikian, sebagai bentuk penghormatan kepada David Brown yang adalah pimpinan perusahaan Aston Martin sejak tahun 1947 sampai 1972.

DB5 memiliki tiga jenis varian, yaitu DB5 Vantage, DB5 Convertible, dan DB5 Shooting brake. DB5 Vantagemenggunakan tiga twin choke Weber karburator $5DCOE, yang menghasilkan 314 bhp (234 kW). Aston Martin hanya memproduksi 123 unit DB5 Convertible antara tahun 1963-1965, dan 19 di antaranya dibuat khusus untuk pengendara yang menggunakan tangan kiri alias kidal.

Sang legendaris Aston Martin DB5.   Aston Martin DB5 dari masa ke masa. Dari Goldfinger hingga Skyfall.  

Anda tertarik untuk menjadi 'James Bond’ juga? Tentu saja, dengan sejarah panjang kehebatan mobil ini, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memilikinya. Tahun lalu saja, seorang pengusaha dari Amerika Serikat membeli sebuah mobil Aston Martin DB5 ini, yang diproduksi tahun 1964 - dan digunakan oleh James Bond asli dalam salah satu filmnya - seharga 2,9 juta Poundsterling atau setara 4,59 juta dolar AS. Sebelumnya, di tahun 2006, sebuah mobil James Bond juga dijual di sebuah pelelangan di Arizona seharga 2,09 juta dolar AS. Mobil yang sama, di tahun 1970, dibeli oleh seorang pemilik museum di Tennessee seharga 5.000 Poundsterllng.

Tak punya uang sebanyak itu? Tak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmatinya, karena salah satu mobilJames Bond, yang dahulu digunakan untuk mempromosikan filmnya, kini bisa dinikmati di Museum Louwman di Belanda.