Talkmen.com --- Rasa cemburu sebagai implementasi perasaan, tidak ada yang salah dengan perasaan cemburu, tapi bagaimana cara menyampaikan secara tepat?

Ada beberapa langkah dalam menyampaikan rasa cemburu sebagai bentuk proteksi terhadap pasangan dan hubungan Anda. banner-ads

Dalam suatu hubungan, cemburu menyerang seperti virus. Wanita sering bertanya-tanya mengapa pria bersikap acuh tak acuh, pernahkah ada rasa cemburu? Sebagai manusia pastinya pernah merasakan cemburu. Kita masih mempercayai rasa cemburu sebagai bumbu-bumbu cinta. Jika tidak ada rasa cemburu sama sekali tentu berbahaya bukan? Kita cemburu melihat dia bersama pria lain, kita pasti takut kehilangan orang yang kita cintai. Tapi rasa cemburu berlebihan juga dapat membunuh hubungan itu sendiri. Rasa cemburu pria terkadang ditunjukkan secara berbeda. Dan berikut adalah cemburu versi pria:

Cemburu yang baik dan cemburu yang buruk

Percaya atau tidak, cemburu tidak selalu berarti negatif.

Bayangkanlah keadaan seperti ini; di sebuah pesta yang ramai, dan Anda melihat sang kekasih sedang berbicara dengan seorang pria yang jelas-jelas tengah menggodanya. Dengan kondisi ini ada dua hal yang dapat Anda lakukan:

1. Anda dapat berbangga hati karena pilihan wanita Anda tepat. Buktinya orang lain saja menganggap kekasih Anda menarik. Anda dapat mempercayai kekasih Anda dan percaya pada komitmen yang Anda berdua buat. Anda bisa melemparkan senyuman atau bahkan kedipan mata kepada kekasih Anda dari jarak jauh, dan tetap bersikap percaya diri.

2. Atau Anda bisa saja marah. Dengan wajah yang tidak senang Anda bisa mendatangi mereka berdua dan menunjukkan sikap defensif yang sangat besar, yang tidak diragukan lagi pada akhirnya akan berujung pada pertengkaran antara Anda dan kekasih Anda.

 

Kepercayaan

Hal penting yang perlu dijaga dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan.

Saat Anda memulai sebuah hubungan baru bersama seseorang, kepercayaan penuh wajib diberikan. Jangan membawa masa lalu sebagai alasan Anda untuk tidak mempercayai kekasih Anda sekarang. Anda telah membuat komitmen untuk menjalankan suatu hubungan, maka Anda harus mempersiapkan diri anda secara matang, sama seperti Anda menyiapkan kapal yang akan dinaiki sebelum berlayar mengarungi perjalanan hubungan Anda berdua. Anda harus mencari tahu dari mana datangnya kecemburuan itu jika memang ada, apa sumbernya, mengapa dan bagaimana cara mengatasinya. Ini sangat perlu dipersiapkan agar hubungan bisa berjalan dengan harmonis.

"Gue selalu merasa ada yang janggal sama kelakuan pacar gue. Tapi dia selalu ngeyakinin gue kalo dia ngga berbuat apa-apa. She loves me that much, tapi terus aja tiap saat gue dihantuin rasa takut kalo dia bakalan selingkuh dari gue. Gue jadi paranoid, gue defensif. Akhirnya dia ngga tahan, dan dia pun minta putus.." -David, 26 tahun, Brand Consultant-

Cemburu = takut?

Kecemburuan bukan berasal dari sikap pasangan Anda.

Banyak yang berpendapat, "Saya cemburu karena dia begini..." dan sebagainya. Pengalaman David di atas mungkin cerminan bagi Anda yang pernah mengalaminya. Coba pikirkan lagi dan lihat ke dalam diri Anda sendiri. Kecemburuan berasal dari rasa takut Anda. Ketika Anda menuduh pasangan Anda telah berbuat salah, sebaiknya Anda pikirkan ulang, ini merupakan kesalahan Anda yang tidak mampu mempertahankannya dan membuatnya bahagia. Jika pasangan Anda benar-benar cantik, mempesona atau merupakan wanita idaman para lelaki, janganlah heran jika banyak pria lain yang ikut mendekati. Tetapi jika karena hal itu Anda mulai melarangnya mengenakan pakaian ini itu, melarangnya berbicara dengan pria yang menurut Anda lebih menarik, atau bahkan melarangnya bergaul dengan teman-temannya, Anda mutlak menjadi pria yang mengekang pasangannya dan tinggal menunggu waktu sebelum dia meninggalkan Anda.

 

Identifikasi sumber ketakutan Anda

Semua orang pasti pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kepercayaan.

Anda pasti pernah mengalaminya, mungkin Anda pernah merasa dikhianati dan kemudian sulit mempercayai seseorang lagi. Anda harus dapat menerima dan belajar dari kejadiaian tersebut. Jangan sampai masa lalu tersebut terus membawa pengaruh buruk bagi kehidupan Anda dan si dia. Hal-hal yang perlu Anda hindari berdasarkan masa lalu Anda:

1. Anda memperlakukan kekasih Anda berdasarkan hubungan Anda di masa lalu.

2. Anda menjadi trauma karena kenangan buruk di masa lalu.

3. Anda tidak percaya diri dan tidak merasa aman dengan hubungan yang Anda miliki saat ini.

4. Menjadi takut jika pasangan Anda tidak bahagia dan meninggalkan Anda.

Mungkin hal-hal ini pernah menjadi trauma bagi Anda di masa lalu, tapi bukan menjadi alasan bagi Anda memperlakukan pasangan Anda sekarang dengan buruk.

 

Diskusikan kekhawatiran Anda dan identifikasikan pemicunya

Permasalahan yang sering dialami dalam menghadapi kecemburuan adalah, 99% pasangan Anda tidak mengerti mengapa Anda bersikap seperti itu, bahkan menganggap Anda gila.

Anda harus menjelaskan kepada pasangan Anda apa yang pernah Anda alami,  perasaan dan ketakutan yang Anda hadapi dalam hubungan Anda dengan si dia. Ingat bahwa lebih baik jika Anda jujur mengakui kekurangan Anda dari pada membiarkannya menebak-nebak. Tetapi janganlah berpikir setelah Anda memberitahunya, Anda dapat dengan bebas bersikap sesuka hati.

Anda berdua harus berbicara dan mendiskusikan bagaimana menanggapi hal ini, mencegahnya dan bagaimana memperbaikinya. Mungkin dengan memberitahukan kepadanya tentang kebiasaan dia yang lama mengangkat telepon, cara dia berbicara dengan pria lain, atau menannyakan apakah dia merasa bahagia dengan hubungan yang dia jalani bersama Anda. Apapun hal itu, diskusikanlah bersama dan selesaikan secara bersama-sama.

 

Alasan kenapa pasangan Anda pantas mendapatkan kepercayaan

Bahkan setelah Anda mendiskusikan masalah yang Anda hadapi bersama pasangan Anda, Anda harus mengingat bahwa untuk melawan rasa cemburu itu tergantung dari Anda sendiri.

Anda harus mengintrospeksi diri dan berpikir secara rasional, mengapa Anda perlu memberikan pasangan Anda rasa kepercayaan, dan apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukan hal itu. Dengan tidak mempercayai pasangan Anda, Anda akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak percaya diri, lemah, dan penuh kecurigaan. Cara untuk membuat pasangan Anda bahagia dan setia adalah dengan memberikan kepercayaan yang dia butuhkan, rasa aman dan kepercayaan diri Anda sebagai seorang pria dan bagaimana Anda mempercayai dia sebagai pasangan Anda.

Kepercayaan adalah satu hal yang dapat melunturkan kecemburuan yang tidak masuk akal. Bagaimana caranya, Anda yang tahu.  

Hargai privasi pasangan Anda

Kita sudah banyak membahas betapa kecemburuan yang berlebihan itu tidak baik bagi hubungan maupun bagi Anda.

Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah menunjukkan kepadanya bahwa Anda percaya dan merasa aman dengan diri Anda sendiri serta hubungan yang Anda jalani.

Mulailah dengan memberikan dia ruang untuk privasi. Jika Anda adalah orang yang hobi mengecek handphone,facebook, atau twitternya, segera hentikan kebiasaan ini.

Jika pasangan Anda memang berselingkuh, pasti nantinya akan terbongkar juga. Tapi dengan memeriksa seperti detektif, malah akan membuat dia gerah dan menganggap masalah kecemburuan Anda ini sulit dihilangkan. Biarkan dia memilih apa yang harus dibagikan dengan Anda, dan apa yang harus disimpannya sendiri.

 

Dukunglah kemandirian pasangan Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda pelajari adalah mengerti bahwa dengan waktu yang terpisah-pisah antara Anda dan pasangan Anda, hal itu malah memberikan ruang bagi masing-masing dari Anda untuk berkembang dan bersosialisasi dengan orang lain.

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah benar-benar mempercayai pasangan Anda, yaitu dengan cara mendukung apapun yang dia inginkan.

Jika dia ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya, berikan dia waktu untuk bersenang–senang dengan temannya. Jika janji kencan Anda berdua terancam batal karena teman masa kecilnya datang mengunjunginya, bersikaplah dewasa dan menerima hal itu, dan ijinkanlah dia bersama teman masa kecilnya. Keuntungan memberikannya kepercayaan adalah dia akan merasa dihargai dan dipercayai, serta beban di pundak Anda akan berkurang karena Anda sendiri yakin bahwa Anda bisa mempercayai dia.

"Gue dan pacar gue memegang satu prinsip yang bikin kita bertahan sampe sekarang, trust. Kebetulan gue dan dia punya masa lalu yang kurang enak, itu yang bikin ikatan gue sama dia jadi sejalan. Kuncinya, percaya aja. Jangan takut 'kecolongan', toh kalo udah kecintaan dia ngga akan kemana-mana." -Adi, 28 tahun, dokter gigi-

Menerima kenyataan bahwa Anda tidak bisa mengontrol orang lain

Pada akhirnya, Anda harus menyadari bahwa Anda tidak bisa mengatur orang lain. Jika Anda telah memberikan kepercayaan dan kemandirian kepada pasangan Anda dan dia mengecewakan Anda, tidak ada yang rugi. Dialah yang bodoh karena telah menyia-nyiakan Anda dan Anda berhak mendapatkan wanita yang lebih baik.

 

Bagaimana jika pasangan Anda yang pencemburu?

Jika pasangan Anda merupakan wanita yang pencemburu, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

1. Pastikan dia membaca artikel ini.

2. Pastikan dia bahwa Anda berharga dan pantas dipercaya.

3. Telitilah tipe cemburunya. Mungkin saja kecemburuan itu berasal dari dalam dirinya sendiri. Kita tahu bahwa wanita suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Sehingga Anda harus memastikan apakah Anda yang salah, atau pasangan Anda yang bermasalah.

4. Tunjukan kepadanya rasa hormat dan gairah memilikinya.