Traveling emang menyenangkan banget apalagi dibayarin atau bareng gebetan. Tapi, banyak hal yang harus loe persiapkan untuk itu. Mulai dari uang, pakaian dan satu hal lagi. Yup, loe harus paham tabiat unik negara yang bakal dijadikan destinasi. Tiap tempat punya aturannya sendiri dan loe mau nggak mau harus ikuti. Jangan sampai gara-gara miskom atau loe gagal paham sama aturan di sana, liburan pun batal karena loe dideportasi paksa. Siapa tahu, kan?

banner-ads

Makanya, sangat penting tuh untuk mengetahui aturan apa saja yang berlaku di negara tujuan. Make a note Guys, loe nggak bakal pernah tahu kapan catatan tersebut bakal berguna. So, here we go!

Iran

Buat loe yang saat ini memiliki rambut model mohawk, spiky atau punk, lebih baik cukur rapi kalau loe mau ke Iran. Pasalnya, negara ini baru aja memberlakukan aturan baru. Setiap orang yang berkunjung ke negaranya nggak boleh berpenampilan seperti itu. Aturan ini nggak cuma buat para turis tapi juga warganya sendiri. Bakal ada sanksi yang lumayan bikin buat siapa aja yang melanggarnya. Salon-salon di sana yang ketahuan nakal juga bakal didenda sampai dicabut izin operasinya. Alasannya sendiri adalah menyerupai sesuatu yang dilarang. Yup, mohawk atau punk adalah hairstyle setan.

Korea Utara

Bersepeda jadi alternatif yang asik buat nikmati tempat baru. Apalagi sambil boncengan mesra sama pacar atau istri. Sayangnya, loe nggak bakal bisa melakukan hal ini di Korea Utara. Kim Jong-un kembali memberlakukan peraturan yang dulu pernah di bikin ayahnya itu. Alasannya sebenarnya kurang masuk akal sih. Pada pertengahan tahun 1990an, seorang putri jendral dikabarkan tewas saat mengendarai sepeda. Semenjak saat itu aturan larangan bersepeda dilarang. Sebenarnya niat Kim Jong-un bagus tuh!

Singapura

Pengen kena denda dengan cara mudah di Singapura? Gampang, loe tinggal kunyah permen karet dan membuang sampahnya di jalan. Dijamin petugas di sana bakal langsung mendatangimu dan langsung memberi hukuman. Jangan ajak damai atau dendanya makin gede! Larangan ini udah ada sejak 20 tahun lalu dan nggak ada seorang pun yang melanggarnya sampai saat ini.

Burundi

Semuanya boleh loe lakuin di negara Afrika ini. Asal loe nggak mencoba melakukan yang satu ini, lari pagi.  Entah terlalu parno atau hati-hati, tapi Presiden Burundi punya alasan sendiri mengenai aturan tersebut. Hal ini nggak lain adalah untuk menghindari penyalahgunaan lari pagi yang identik dengan bergerombolnya orang-orang itu menjadi organisasi separatis yang melawan pemerintah. Jangan-jangan sebelumnya ada kelompok anarkis yang rapat merencanakan kudeta sambil jogging. Bahaya Bro lari pagi di sini!

Inget baik-baik aturan-aturan tersebut kalau loe berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut.