Buat kamu pengguna internet aktif, sepertinya harus siap-siap nih dengan fenomena ini. Yup, dalam waktu yang nggak lama lagi server-server web dunia bakal crash atau bahkan down. Hal ini disebabkan karena perputaran bumi pada porosnya atau yang sering disebut rotasi, bakal mengalami pelambatan pada tahun ini. Lha, emang apa hubungannya?

Sebelumnya kamu perlu tahu jika waktu di bumi berpatokan pada jam atom. Diketahui, alat ini adalah yang paling akurat bahkan hingga beberapa ratus tahu ke depan. Fenomena melambatnya rotasi bumi, ternyata berpengaruh kepada tingkat keakuratan jam atom ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk kembali menyelaraskan waktu keduanya, adalah dengan melakukan penambahan satu detik.

Sepintas ide ini seperti nggak terlalu masalah, ya. Tapi tahu nggak sih, jika efek penambahan satu detik ini bakal berimbas kepada lumpuhnya jaringan internet. Gimana bisa? Meskipun cuma satu detik, tapi proses adaptasi bakal membunuh beberapa server secara bersamaan.

Nggak cuma secara teoritis aja, hal ini pun pernah dilakukan pada tahun 2012 lalu dan bisa ditebak akibatnya. Yup, beberapa server web-web besar seperti Reddit dan LinkedIn mengalami crash besar-besaran akibat nggak mampu menyesuaikan penambahan waktu.

Para ilmuwan rencananya akan melakukan penambahan waktu ini pada 30 Juni mendatang. Tapi, nggak semua negara ternyata setuju untuk melakukan hal ini termasuk Amerika Serikat. Ketika hal ini benar-benar dilakukan, siap-siap offline deh untuk sementara waktu.