Teknoup.com --- Pembeberan sepak terjang agensi keamanan nasional Amerika Serikat (NSA - National Security Agency) dalam menyadap jaringan dan perangkat yang terhubung dengan internet terus berjalan. Setelah Edward Snowden, kini giliran seorang periset dari Jerman bernama Jacob Appelbaum membocorkan dokumen yang menunjukkan bahwa NSA bisa menyadap hampir semua jenis komunikasi yang dikirimkan melalui Apple iPhone.

Bocoran dokumen yang dirilis lewat majalah berita Jerman Der Spiegel tersebut menunjuukan bahwa NSA memiliki sebuah program yang disebut DROPOUTJEEP yang memungkinkan agensi tersebut menyadap pesan sms, mengakses daftar kontak, menemukan lokasi ponsel memakai data lokasi BTS, hingga mengaktifkan mikroforn dan kamera iPhone.

nsa2

NSA dalam dokumen tersebut mengklaim tingkat kesuksesan 100% saat memasang spyware dalam perangkat berbasis iOS tersebut. Untuk menanamkan spyware tersebut, NSA perlu akses fisik ke perangkat tersebut yang telah dapat dilakukan melalui pengalihan rute pengiriman iPhone yang dibeli secara online. Selain menanamkan langsung, NSA diketahui juga sedang mengerjakan exploit yang bisa dijalankan secara remote (jarak jauh).

Menurut Appelbaum, ada dua kemungkinan bagaimana exploit tersebut dapat dilakukan. Kemungkinan pertama adalah NSA memiliki banyak koleksi exploit yang bisa dipakai di produk Apple, sedangkan kemungkinan kedua adalah Apple menyediakan akses tersebut secara langsung.

Pihak Apple menampik keterlibatan pihaknya dalam membantu NSA membuat backdoor tersebut. Pihak Apple juga tidak mengetahui akan adanya program backdoor tersebut selama ini. Apple menyatakan akan membela para pelanggannya terhadap serangan keamanan yang diarahkan ke produknya, tanpa memperhatikan siapa yang ada di belakang serangan tersebut.

 nsa1