Siapa yang nggak suka menggunakan Wi-Fi atau hotspot secara gratis? Tapi ternyata, kamu juga kudu berhati-hati waktu menggunakannya. Kenapa? Karena menurut beberapa penelitian terdahulu, cyber criminal ternyata juga mengincar hotspot gratis untuk menyebarkan virus buatan mereka.

Yah walaupun masalah keamanan data belum begitu menjadi perhatian utama di Indonesia. nggak seperti di Korea Selatan atau negara Adidaya, Amerika Serikat. Ada baiknya kamu menyimak tips berikut ini biar gadget kesayanganmu gak terkena dampak negatif seperti malware atau sejenisnya dari Wi-Fi gratisan.

Jaga Kebersihan
Agar terhindar dari serangan phishing, malware, virus, spam dan sebagainya, ada baiknya perangkat harus mengupdate antivirus terbaru. Selain itu, pemilik perangkat juga wajib melindungi gadgetnya dengan firewall serta patch operating system terbaru.

Pikir Dua Kali Sebelum Terhubung
Udah banyak tempat sekarang ini jadi hotspot gratisan dan bisa digunakan siapa saja, khususnya di area-area penting seperti bandara, hotel, restoran, taman, museum dan lainnya.

Akan tetapi, nggak semua jaringan Wi-Fi yang dipancarkan tersebut aman. Makanya kudu tetap waspada dan berjaga-jaga ketika menggunakan fasilitas Wi-Fi di tempat umum.

Kenali Wi-Fi Yang Akan Kamu Gunakan
Ada kalanya, kamu bisa connect dengan jaringan Wi-Fi gratis ketika berada di suatu tempat. Tapi ada yang perlu diperhatikan, agar terhindar dari berbagai ancaman, ada baiknya untuk mengetahui siapa pemilik dari jaringan Wi-Fi tersebut.