Apa yang ada di benakmu jika mendengar kata China? Yup, pasti salah satunya adalah tentang keahlian meniru barang-barang top dengan tampilan yang sangat identik. Seperti yang udah kamu ketahui, hampir semua barang yang menjadi kebutuhan banyak orang, pasti bakal ada tuh versi replika yang dibuat oleh si negara panda ini. Tercatat, nggak hanya smartphone aja nih, bahkan mereka juga bisa meniru barang-barang militer.

Nah, berikut adalah daftar barang paling absurd yang pernah ditiru oleh China.

Perangkat militer AS

Siapa yang menyangka jika sistem persenjataan Amerika Serikat hampir sebagian besar menggunakan produk palsu dari China. Mulai dari komponen komputer rudal, elektronik pesawat militer, hingga deteksi termal. Nggak hanya itu, bahkan chip mikro militer yang canggih itu pun nggak lepas dari pemalsuan.

Kerangka dinosaurus

Silahkan aja deh berdebat kusir, tapi hal ini benar-benar terjadi. Peristiwa ini dimulai pada tahun 1970-an ketika pasar fosil di China meledak dengan naiknya omzet penjualan barang tersebut secara drastis. Saat stok tulang purba tersebut mulai habis, maka mereka berinisiatif untuk membuatnya sendiri. Berbekal tulang ayam dan juga beberapa bahan konstruksi seperti semen dan gypsum, mereka sukses mengecoh banyak orang.

Toko Apple hingga Nec

China emang bikin geleng-geleng kepala deh. Nggak hanya produknya aja yang dipalsu, bahkan mereka membuat store atau toko versi KW pula. Tercatat mulai Apple hingga perusahaan raksasa elektronik Jepang, NEC sukses berdiri di beberapa tempat di negara tirai bambu tersebut.

Sepertinya hampir nggak ada satu hal pun yang mustahil dibuat di China. Bahkan bukan nggak mungkin beberapa tahun ke depan mereka bisa membuat pesawat luar angkasa versi KW.