Talkmen.com --- Terkadang posisi atasan terasa tidak tepat bagi bawahannya.

Bagaimana menghadapi bos yang sebenarnya tidak pantas mendapatkan posisinya saat ini?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bos Anda bisa berada di posisinya saat ini? Tidak jarang seorangemployee mempertanyakan kualifikasi bosnya sendiri dan menganggap bahwa sang bos tidak lebih qualifieddari dirinya. Hal ini cukup lumrah, bahkan bisa terjadi pada Anda sendiri. Anda tidak sepenuhnya salah, karena ada kemungkinan bahwa kinerja Anda memang lebih kompeten dan lebih baik dari bos Anda saat ini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak sedikit kenaikan posisi di kantor tidak didasari oleh karena skill atau pengalaman seseorang, namun permainan politik. Ini adalah penjelasan masuk akal untuk masalah yang sering terjadi di kantor: wrong people in management positions. Hal ini tentu saja membuat frustasi, namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi masalah ini.

Evaluasi supervisor

 

Perhatikan dengan baik jika supervisor Anda saat ini memang mampu melakukan tugasnya dengan baik atau tidak. Jika ya, maka Anda tidak perlu protes. Jika tidak, tetaplah positif. Buktikan diri Anda memang lebih baik, maka cepat atau lambat Anda akan berada di posisi yang lebih pantas.

Kenapa sang bos bisa berada di posisinya saat ini?

 

Pelajarilah hal tersebut. Kami tidak menyuruh Anda untuk berlagak seperti detektif, lakukan dengan baik dan jangan sampai menimbulkan kecurigaan dari bos Anda. Jika bos Anda memang mendapatkan posisinya saat ini karena ada unsur politik, Anda memang tidak bisa berbuat banyak. Namun anggaplah hal tersebut sebagai sebuah pengalaman di dunia kerja yang keras.

Jangan libatkan emosi

 

Hanya karena sang bos tidak lebih kompeten dari Anda, jangan sampai Anda tidak berpikir dengan kepala dingin dan melakukan hal-hal yang buruk seperti merencanakan konspirasi. It's a career suicide. Ikuti alur yang ada, tetap fokus pada pekerjaan, jangan sampai diri Anda terfokus dengan masalah dengan sang bos. Work with them, not against them.

Be professional

 

Seperti poin sebelumnya, jangan libatkan emosi Anda dalam masalah ini. Mengeluh masalah tentang supervisorpada manager Anda, misalnya, bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Ini bahkan bisa menjadi senjata makan tuan, karena manager Anda akan melihat bahwa Anda bukanlah potensi profesional untuk posisi yang lebih baik ke depannya. Try to respect your boss, you don't have to blame anyone.

Move

 

Jika permasalahan ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda berpikir untuk mencari pekerjaan di tempat yang lebih baik. Anda harus memikirkan ini sejak awal, ketika kecurigaan akan kejanggalan posisi ini mulai bermain di otak Anda. Sambil mencoba menghadapinya dengan profesional, fokuskan misi untuk karier dan masa depan Anda. Jika Anda akhirnya benar-benar pindah, pikirkan bahwa mungkin saja keadaanya tidak akan berbeda jauh dengan kondisi kantor Anda sebelumnya. Well at least, Anda telah belajar sesuatu dan memiliki pengalaman dengan permasalahan ini.