Mungkin beberapa dari Loe sering beranggapan jika seseorang yang jarang mandi itu hidupnya gak sehat, tapi apa Loe yakin kalo sering mandi itu menjamin hidup yang lebih sehat, Bro?

Yak, diambil dari berbagai sumber, faktanya: "Orang Yang Terlalu Sering Mandi Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan". Penelitian membuktikan jika kita terlalu sering mandi, kulit bakalan menjadi kering dan kehilangan kelembaban alami karena sabun yang kita gunakan. Menggosok kulit terlalu sering dengan sabun juga dapat merusak lapisan kulit dan memungkinkan banyak bakteri yang masuk kedalam tubuh. Selain itu mikroorganisme bakalan menyebar lebih cepat di sisa air yang kita gunakan.

Wah, jadi orang yang sering mandi bukan berarti lebih sedikit kuman di tubuhnya, donk? That's why pemakaian handuk yang lembut dan lotion juga harus digunakan secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit Loe, Bro.

Gak cuma itu, mandi terlalu sering menggunakan air panas dan shower juga ternyata gak sehat untuk tubuh. Air panas dapat membuat pori-pori kulit menjadi besar yang menyebabkan timbulnya jerawat dan penyakit kulit lainnya. Suhu yang terlalu panas juga gak baik buat cewek Loe yang sedang dalam masa awal-awal kandungan karena dapat membuat bayi lahir dengan cacat. Wah! 

Ada lagi, nih. Pemakaian shower juga sebaiknya jangan terlalu sering digunakan. Penelitian di University Of Colorado menyebutkan terdapat banyak sekali bakteri yang disebut "Mycobacterium Avium" yang bakalan menjadi cikal bakal penyakit paru-paru. Bakteri ini dapat hidup di udara dan bakalan sangat mudah masuk ke dalam paru-paru paling dalam. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang tua dan juga para cewek bisa dengan mudah terinfeksi penyakit oleh bakteri ini. Maka dari itu disarankan kalo emang harus mandi menggunakan shower, biasakan air dari pancuran gak langsung mengenai kepala langsung. Pancurkan air pada bagian kaki terlebih dahulu agar bakteri terbuang sebagian.

Satu lagi hal yang unik tentang mandi adalah hindari mandi setelah kita makan. Kenapa? Karena setelah makan tubuh sedang melakukan kegiatan metabolisme, mengolah, menyerap dan mengalirkan zat-zat makanan yang membuat suhu tubuh meningkat drastis. Coba bayangkan disaat tubuh yang sedang panas harus "dikejutkan" dengan air mandi kita. Hal tersebut dapat menyebabkan aliran darah dan syaraf-syarah di kulit menjadi dingin. Bila hal ini terus-terusan dilakukan, maka bisa memungkinkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah dan parahnya dapat menyumbat aliran darah yang berujung pada penyakit stroke.

 

Masih mau mandi sering-sering, Bro?

 

Sumber: chriskresser.com, trax