Teknoup.com --- Bulan lalu, CEO BlackBerry John Chen mengumumkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan memperkenalkan perangkat dengan keyboard QWERTY.

Kemarin ia mengungkap bahwa BlackBerry akan berusaha mengulang kejayaan BlackBerry Bold, smartphone legendaris BB yang pertama kali diluncurkan di tahun 2008.

Blackberry Bold terakhir, seri 9900 Dakota yang diluncurkan di tahun 2011, termasuk kurang berhasil, karena meski punya keunggulan di keyboard fisik yang nyaman dan fitur messaging andal, namun lemah untuk menjelajahi web, aplikasi dan membuat foto (kameranya 5MP namun fixed-focus).

Fakta tersebut tidak membuat Chen pesimis. Ia masih yakin kalau Bold akan menghasilkan keuntungan, namun menurut Chen, konsumen masih menyukai perangkat BB7 seperti 9900. Chen bahkan mengungkap akan ada tiga perangkat BB dengan keyboard.

Salah satunya mungkin adalah BlackBerry Q20 sebagai penerus Q10. Q20 diekspektasikan akan dirilis di paruh kedua tahun ini, dan dilengkapi layar 3,5 inci, menjadikannya perangkat BB berkeyboard QWERTY dengan layar terbesar.

Satu lagi mungkin adalah BB Windermere, yang diduga menggunakan keyboard yang sensitif terhadap sentuhan.