Talkmen.com --- Kini Anda bisa mempelajari sejarah dengan bukti yang nyata

Kanal British Pathe memiliki puluhan ribu video penuh sejarah sejak akhir abad 19. banner-ads

Sejak beberapa hari terakhir, beberapa media dari seluruh dunia tampak heboh mengabarkan tentang sebuah kanal YouTube bernama British Pathe. Tidak heran, British Pathe yang memiliki salah satu koleksi news footagetertua di dunia baru saja merilis 85.000 arsip video yang bisa disaksikan secara gratis di YouTube.

Bukan tidak mungkin jika British Pathe akan merilis lebih banyak footage lagi ke depannya, namun koleksi mereka yang telah berada di YouTube sudah cukup banyak saat ini, yaitu 90.000 video. Semuanya dikonversi dalam bentuk digital HD demi kepuasan para penikmat sejarah.

Melihat langkah ini, bukan tidak mungkin bahwa British Pathe akan menjadi masa depan bagi pelajaran sejarah di lembaga edukasi di seluruh dunia.

Satu contoh yang bisa dilihat dalam koleksi milik British Pathe adalah sebuah video yang memperlihatkan real footage dari Hiddenburg Disaster yang terjadi pada tahun 1937. Kejadian ini mengakibatkan 35 jiwa melayang, termasuk dari kalangan crew.

  Ada juga footage dari kejadian yang lebih bersejarah, seperti bom atom yang diluncurkan di Hiroshima, Jepang pada 1945 yang menewaskan ratusan ribu jiwa. Sekali lagi, footage yang dirilis British Pathe sangat eksklusif dan nyata.     Kejadian lain yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, adalah peristiwa seperti "Death Jump at Eiffel Tower" yang terjadi pada 4 Februari 1912. Seorang pria bernama Franz Reichelt terlibat dalam eksperimenhome-made parachute yang gagal total dan akhirnya merenggut nyawanya. Kejadian tersebut disaksikan langsung oleh banyak rakyat Paris, termasuk dari kalangan media.     British Pathe adalah masa depan yang cerah bagi edukasi sejarah di masa depan. Bayangan tentang peristiwa bersejarah yang hanya bisa dibaca lewat sebuah buku yang terkadang banyak mengedepankan cerita palsu kini bisa diperlihatkan langsung dengan gambaran kejadian yang sesungguhnya.    Kanal YouTube British Pathe tentu saja bisa menjadi konsumsi pribadi yang baik bagi Anda yang penasaran dengan peristiwa-peristiwa tertentu.