Hari ini bakal jadi Jumat paling bersejarah sepanjang tahun. Bukan, bukan karena besok long week end, tapi bakal ada kejadian fenomenal yang nggak bakal terjadi hingga 19 tahun ke depan. Yup, apa lagi kalau bukan super moon solar eclipse equinox. Denger namanya aja udah kayak judul film pemenang Oscar. Yuk cari tahu lebih dalam tentang fenomena unik ini.

banner-ads

Bayangin ya, super moon digabung gerhana matahari dan terjadinya di awal musim semi. So epic, isn’t it? Seperti yang dilansir Businessinsider, kejadian kayak gini cuma terjadi 19 tahun sekali. Artinya loe bakal bisa nyaksiin fenomena ini 2034. Harus lihat pokoknya!

Secara teknis, penjelasan untuk kejadian ini adalah bulan berada di jarak paling dekat dengan bumi sehingga menghasilkan super moon seperti biasa. Lalu posisi bumi yang tepat lurus dengan cahaya matahari tiap bulan Maret menyebabkan gerhana ketika si bulan besar lewat di tengah-tengahnya.

Sayangnya, daerah katulistiwa nggak kebagian momen ini secara penuh. Hanya daerah Eropa dan Kutub Utara yang berkesempatan nontonin fenomena super duper langka ini hingga 90 persen. Tapi, beberapa situs luar bakal meliput kejadian ini secara live streaming. No worry dah kalau gini.

Fenomena yang jarang mesti sering banget dikait-kaitkan dengan hal-hal aneh. Super moon eclipse ini pun sama. Beberapa orang menganggap ini adalah awal pertanda dari kiamat. Well, silahkan percaya atau nggak tapi yang pasti besok adalah fenomena libur panjang yang jarang terjadi. So, what do you think, Guys?