News

Cekidot! 6 Kesalahan Fashion Pria yang Berdampak Buruk Pada Citra Diri

  • 30 April 2014
  • 785 views

Meski gak dapat disangkal bahwa fashion adalah tentang peruwujudan selera dan ekspresi diri, namun frame kehidupan sosial menciptakan fungsi lain dari fashion itu sendiri. Yak, fashion berperan sebagai lapisan terluar penilaian terhadap citra diri.

LAZONE.ID -

Adalah hal yang lumrah bahwa kepedulian para cewek terhadap penampilan lebih besar dibanding para cowok, kaum Adam cenderung terperangkap dengan cara pandang yang menganggap remeh peran fashion dalam kehidupannya. Akibatnya kita para cowok gak sadar mengambil pilihan-pilihan cara berpakaian yang ternyata menggangu pandangan mata.

Meski gak dapat disangkal bahwa fashion adalah tentang peruwujudan selera dan ekspresi diri, namun frame kehidupan sosial menciptakan fungsi lain dari fashion itu sendiri. Yak, fashion berperan sebagai lapisan terluar penilaian terhadap citra diri.

Mengabaikan hal ini juga mempunyai risiko-risiko tersendiri. Gagalnya kesepakatan dengan mitra kerja adalah salah satunya, Bro!

Nah, berikut adalah 6 kesalahan fashion yang rupanya biasa dilakukan para cowok. Loe boleh setuju atau gak. Yang perlu disadari adalah bahwa tiap pilihan punya risiko yang harus siap ditangani, Bro!    
Dasi gak dipakai dengan tepat

Kesalahan terkait pemakaian dasi ini mencakup dasi yang terlalu panjang atau pendek, simpul dasi yang menyisakan ruang dengan kerah, dan dasi lapisan kedua yang terlihat. FYI, panjang dasi yang tepat adalah sampai sebatas mata ikat pinggang. Kencangkan dasi sampai gak tersisa ruang dekat kerah.

Jika lapisan pertama dasi gak memiliki ruang di bagian belakangnya untuk memasukkan dasi lapis ke dua, gunakan tie clip (penjepit dasi). Tie clip juga berfungsi agar dasi yang Loe kenakan gak beterbangan saat ada angin kencang sehingga penampilan Loe tetap rapih, Bro.

4

Sepatu yang kotor

Suka atau gak, seseorang bakal memperhatikan gaya busana orang lain dari atas sampai bawah. Saat memperhatikan cara orang lain berpakaian, mata orang-orang ini bergerak seperti mesin pemindai dari kepala sampai kaki.

Yak, sepatu adalah cerminan kepribadian Loe. Karena umumnya sepatu dianggap gak terlalu diperhatikan orang, seseorang yang gak total dalam melakukan satu hal bakal melewatkan tampilan sepatu saat berbusana. Sementara orang-orang yang mengenakan sepatu dengan kondisi yang `mulus` bakal memiliki citra sebagai seseorang yang peduli hingga ke hal-hal detil.

Hati-hati saat melangkah. Pilih jalan-jalan yang lebih mulus tanpa ada batu-batu atau genangan air. Hal ini penting untuk diingatkan agar sepatu yang Loe kenakan tetap memiliki tampilan yang baik untuk jangka waktu yang lebih lama. Cari tahun juga bagaimana cara membersihkan sepatu dengan bahan-bahan tertentu. Jenis-jenis sepatu berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda juga, Bro.

5

Memasukkan benda-benda besar di kantong

Loe mesti sadar bahwa diri Loe bukan Agen 007 yang pakaiannya sangat fungsional di mana dari setiap kantong pakaiannya bisa diambil banyak benda canggih. Fungsionalitas emang menjadi poin pertama dari persepsi banyak pria terhadap satu benda. Namun perlu diingat bahwa tiap benda didesain dengan kapasitas tertentu.

Memasukkan benda-benda besar ke kantong dapat merusak pakaian Loe. Risiko menjadi korban tindak kriminal pun bisa bertambah. Jangan memberi kemudahan bagi pencopet untuk menikmati hasil jerih payah Loe selama ini.

Kalau emang dirasa gak perlu membawa tas ransel berukuran besar, gak ada salahnya membawa tas selempang berukuran kecil. Menyelempangkan tas bukan hal berat, kan?

3

Menggunakan produk rambut secara berlebihan

Untuk hal yang satu ini terlihat bahwa sesungguhnya pria memiliki kepedulian terhadap tampilan dirinya. Potong rambut secara rutin, menggunakan gel atau wax rambut bukan hal yang berkesan terlalu fashion di kalangan cowok.

Namun, pernah gak sih Loe melihat tatanan rambut seorang cowok yang seakan gak akan berubah bila ada topan menghadang? Atau juga kilauan rambut yang terlalu glossy seperti dirinya baru saja menyelupkan kepala ke kolam minyak? Hindari hal semacam ini. `Over Do` terhadap hal apapun bakal membuat Loe malah memiliki citra yang gak dapat menimbang porsi dalam mengurus suatu hal, Bro.

1

Ukuran pakaian yang tidak pas

Arti `Pas` dari setiap model pakaian tidaklah sama. Sebagian jaket emang didesain lebih besar dari jaket lainnya. Demikian pula kaos tertentu dirancang sedikit lebih kecil untuk menampilkan siluet hasil olahraga rutin yang Loe lakukan. Namun selalu ada batas di mana sebuah item fashion dinilai terlalu longgar atau terlalu ketat.

Selain berkonsultasi dengan teman yang lebih memahami fashion, Loe juga  perlu melatih kepekaan visual untuk menentukan proporsi yang tepat dari berbagai model pakaian untuk tubuh. Loe mungkin bisa terlihat menawan dengan pakaian berukuran pas meski pakaian tersebut gak dibuat dari material spesial seperti rancangan label high fashion atau desainer.

fit-man

Menggunakan terlalu banyak parfum

Bau badan mmang perlu dienyahkan. Namun gak berarti Loe harus mandi parfum. Semprotkan parfum Loe pada bagian-bagian tubuh tertentu saja dan secukupnya. Wangi yang terlalu menyengat juga dapat mengganggu indra penciuman orang sekitar.

Loe boleh kok memiliki parfum favorit yang mencerminkan kepribadian.  Namun dengan mendapat undangan-undangan acara yang berbeda-beda jenis. Belilah dua tau tiga jenis parfum dengan nuansa berbeda agar bisa Loe sesuaikan dengan jenis acara yang akan dihadiri.

2

 

Sumber: liputan6

 

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...