Wi-Fi belakangan menjadi suatu teknologi yang paling banyak dicari oleh banyak orang, pada saat di kampus, kantor, coffee shop dan lain-lain. Bahkan gak jarang hal yang pertama kali kita tanyakan pada saat kita sampai disuatu tempat adalah Di sini ada Wi-Fi gak?”.

Eits, tapi mulai sekarang jangan sembarangan deh memakai Wi-Fi. Lho emang kenapa, Bro?

Yak, ilmuwan dari Universitas Liverpool berhasil membuat varian virus baru yang bisa menyebar melalui jaringan Wi-Fi. Virus yang diberi nama Chameleon tersebut bisa menular melalui udara di populasi yang padat, dengan meloncat dari satu jaringan ke jaringan lain, melalui akses poin. Waduh!

Virus Chameleon sendiri emang gak bakal mengganggu kerja dari akses poin tersebut, tapi virus ini dapat mengumpulkan data-data seperti password ataupun kartu kredit melalu jaringan Wi-Fi. 

”Koneksi Wi-Fi kini menjadi target peretas karena banyak kelemahan keamanannya yang terdokumentasi dengan baik, sehingga membuat virus tersebut sulit dideteksi dan kebal terhadap virus lain,” jelas Alan Marshall, profesor keamanan jaringan dari universitas Liverpool.

Awalnya virus semacam ini dianggap mustahil, tapi para ilmuwan ini berhasil mendemonstrasikan cara kerja virus tersebut. Jadi sangat mungkin saat ini peretas sedang mengembangkannya.

Virus ini juga sulit terdeteksi program anti-virus karena biasanya anti-virus hanya melacak internet dan dalam data-data di dalam komputer, sedangkan Chameleon bersembunyi di jaringan Wi-Fi dan menginfeksi jaringan yang gak terproteksi password. 

Nah, mulai sekarang harus lebih hati-hati lagi kalau mau pakai Wi-Fi apalagi yang gratisan.

168146329

Lagian daripada cari Wi-Fi terus, mending Loe usaha cari Wi-Fe, Bro. #LetsDoIt

 

Sumber: cnet