Kondisi kabut asap yang tetap parah, dari tahun ke tahun akhirnya membuat seorang Chanee Kalawet, aktifis Owa di Palangkaraya, membuat video, 'Marahnya kepada Presiden Jokowi' yang diunduhnya di Youtube.

Dalam videonya, Chanee mengungkapkan kemarahannya pada Jokowi karena kondisi kebakaran hutan yang berulang setiap tahunnya dan tidak ada usaha dari pemeritah untuk menghentikannya.
"Saya marah bukan hanya karena anak saya terserang ISPA, seperti ratusan anak lain, saya marah karena alam dan hutan Kalimantan dihancurkan. Tapi saya marah karena sebagai ayah dan seorang yang mencintai negeri ini," ungkapnya.

Gerakan protes aktifis lingkungan hidup yang sudah 17 tahun di Indonesia dan baru 3 tahun menjadi WNI ini menjadi inspirasi warga negara Indonesia lainnya. Orang luar negeri saja, mencintai lingkungan dan bangsa ini sunggug-sungguh dan rela berkorban untuk masyarakat Palangkaraya. Masak orang Indonesia sendiri kalah?

Video Chanee pun mendapat tanggapan positif berbagai pihak dan diharapkan bisa menggerakkan semua lapisan masyarakat dan pemerintah untuk memelihara lingkungan.

<iframe width="646" height="332" src="https://www.youtube.com/embed/aEptjSS7Ow4" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>