Suasana politik di Malaysia tengah menghangat. Puluhan ribu orang turun ke jalan meminta Perdana Menteri Najib Razak melepas jabatannya.

Pada Sabtu (29/8) sejak pagi, puluhan ribu pendemo yang tergabung dalam gerakan 'Bersih 4' terlihat 'menguningkan' Merdeka Square, Kuala Lumpur. Ya, semua pendemo memang kompak mengenakan kaus dan atribut berwarna serba kuning.

Menurut pihak kepolisian, ada sekitar 25 ribu yang ikut dalam demo tersebut. Namun, jumlah itu terus bertambah. Diperkirakan ada ratusan ribu orang yang ikut bergabung. Tapi meski ribuan orang, aksi demo berjalan damai tanpa kerusuhan.

Berbeda dengan demo anti Perdana Menteri Najib sebelumnya yang hanya melibatkan mahasiswa, demo kali ini melibatkan hampir semua lapisan masyarakat, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga pengusaha kaya. Beberapa orang terkaya di negara itu disebut-sebut ikut mendanai aksi ini.

Bisa dibilang ini aksi massa terbesar yang terjadi di Malaysia dalam dua dekade ini.

Perdana Menteri Najib diduga terlibat kasus korupsi. Beberapa menteri juga telah mengungkapkan Najib menerima dana sejumlah 700 juta dollar ke rekening pribadinya sejak beberapa tahun lalu. Uang itu dikatakan berasal dari lembaga 1Malaysia Development Berhad.