Tinggal hitungan hari lagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bakal menyerahkan tampuk kepemimpinan ke Joko Widodo. Jika dilihat ke belakang, perjalanan SBY sebagai kepala negara bisa dibilang berimbang. Kadang dihujat bahkan dikritik, tapi nggak jarang juga menciptakan prestasi meskipun untuk dirinya sendiri. Yup, beberapa kali suami Ibu Ani Yudhoyono ini menerima berbagai gelar. Berikut adalah ulasannya.

Bidang perdamaian

Pada tanggal 12 Desember 2012 lalu, SBY menerima gelar doktor kehormatan dari Universiti Utara Malaysia. Pasalnya, Doktor Ekonomi Pertanian IPB ini menjadi salah satu tokoh yang berpartisipasi dalam mendorong perdamaian dunia. Gelar Ini diberikan secara langsung oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Tuanku Abdul Halim.

Bidang kepemimpinan

Berselang beberapa bulan sejak menerima gelar kehormatan dari Malaysia, kini SBY kembali menerima gelar lain. Kali ini adalah gelar doktor honoris causa bidang kepemimpinan dan pelayanan publik. Ayah dari Ibas Yudhoyono ini merupakan orang Indonesia pertama yang menerima gelar yang diberikan oleh Nanyang Technological University Singapura tersebut.

Bidang demokrasi

Sebulan sebelum lengser dari jabatannya, SBY kembali menerima sebuah gelar doktor kehormatan. Gelar yang diterima dari Universitas Ritsumeikan Jepang tersebut lantaran dirinya sangat berkontribusi terhadap pembangunan dan demokrasi terutama di wilayah Asia Pasifik.

Ketika menerima gelar-gelar tersebut, SBY selalu mengungkapkan jika apa yang diterimanya tersebut juga didedikasikan untuk seluruh warga Indonesia. Keren!