Ayam cemani yang bulu, daging hingga tulangnya berwarna hitam ternyata sangat populer di Inggris. Bahkan di sana, ayam khas Indonesia ini mendapat julukan 'Lamborghini-nya Unggas'.

Salah satu perusahaan yang khusus menjual unggas, Greenfire Farms menjual ayam cemani yang kualitasnya terendah dengan harga 200 dollar atau sekitar Rp 2,7 juta.

Di katalog Greenfire Farms, harga ayam cemani paling mahal di antara jenis ayam yang lain. Harganya dua kali lipat dari Yamato Gunkei, jenis ayam yang paling dipuja-puja di Jepang.

"Di Asia, ayam cemani terkenal karena dipercaya memiliki kekuatan mistis, dagingnya hitam, bulu hitamnya juga luar biasa berkilau dan bisa mengeluarkan warna metalik hijau dan ungu seperti kumbang," keterangan soal ayam ini di katalog Greenfire Farms.

Memang sih, mitosnya, ayam cemani bisa menambah rezeki, memudahkan jodoh, melariskan dagangan, hingga mampu membawa kesuksesan bagi pemiliknya.

Sayangnya, gara-gara mitos itu, ayam cemani menjadi buruan orang dan sekarang di Indonesia sendiri populasinya semakin langka.