Merdeka.com --- Sepertinya, kecerdasan manusia untuk mengembangkan hal-hal baru memang tidak dapat dihentikan. Baru-baru ini sebuah laporan diungkap oleh Treehugger (24/2), yang menjelaskan bahwa di masa depan Anda tidak perlu susah untuk kehabisan baterai ponsel saat bepergian jauh. Sebab, getaran pada mobil dapat dijadikan charger untuk mengisi baterai smartphone Anda.

Bagaimana bisa?

Mungkin pemanenan energi kinetik untuk mengisi gadget bukanlah hal yang benar-baru, namun penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Wisconsin, Sun Yat-sen University China, dan University of Minnesota Duluth telah menemukan sebuah pengembangan dari teknologi energi kinetik tersebut.

Para peneliti mengungkapkan bahwa pengisian baterai dapat dilakukan ada mobil yang berjalan tanpa kabel. Adalah 'Nano generator', sebuah teknologi yang nantinya digunakan dari bahan polimer piezoelektrik umum. Bahan tersebut dapat menghasilkan listrik dari kekuatan mekanik, sebaliknya juga dapat menghasilkan strain mekanik dari medan listrik terapan.

Daripada mengandalkan strain atau medan listrik, para peneliti memasukkan nanopartikel oksida seng menjadi film tipis PVDF untuk memicu pembentukan fase piezoelektrik yang memungkinkan untuk panen energi getaran.

Dengan begitu, saat Anda bepergian jauh, tak perlu bingung kehabisan baterai. Bahkan teknologi ini bisa dijadikan penolong saat power bank Anda 'sekarat' alias kehabisan daya juga.

banner-ads