Setelah melalui prosesi pelantikan yang berjalan mulus dan tanpa hambatan yang berarti, presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, mengadakan syukuran untuk memperingati hari jadi tersebut. Acara yang digelar di Monas tersebut sangat meriah dengan dibuatkannya panggung besar lengkap dengan pengisinya.

Nggak hanya di Jakarta, syukuran atas pelantikan tersebut juga digelar di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah. Meskipun konsep acaranya sama, tapi di sini ada yang beda nih. Terlihat ada lukisan presiden pertama Soekarno yang dijajarkan dengan lukisan Jokowi.

Ternyata hal tersebut merupakan kesengajaan yang dilakukan oleh Dadap Sunaryo sang pelukis. Lukisan tersebut diberikan Dadap kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Pribadi, untuk dipajang di atas panggung dalam acara pesta rakyat tersebut.

Ketika diwawancarai, Dadap mengungkapkan jika ada semacam kecocokan dengan kedua sosok presiden tersebut. Misalnya adalah tanggal lahir Jokowi dan Soekarno sama persis, yakni 21 Juni. Yang lebih penting lagi, mantan Wali Kota Solo tersebut punya sifat kebangsaan dan gaya kepemimpinan yang mirip dengan gaya presiden pertama tersebut, ungkapnya.

Mudah-mudahan nggak hanya kemiripan dalam berbagai berbagai hal aja yah. Diharapkan Jokowi mampu membawa kembali Indonesia menjadi salah satu negara yang disegani dunia. Seperti ketika negeri ini dipimpin oleh Soekarno.