Sebagai salah satu negara paling kaya di dunia, Uni Emirat Arab emang berhias fasilitas yang wah, bahkan termasuk penjara negara tersebut. Dikabarkan jika tempat tahanan di negeri minyak tersebut telah memberlakukan sistem yang amat modern. Nggak cuma menyediakan hal-hal pokok seperti makanan, tapi segalanya disiapkan teramat baik, bahkan para sipirnya.

Nggak heran setelah disurvey oleh situs emirates247.com, kebanyakan tahanan baik lokal maupun internasional merasa betah. Fasilitas di lembaga pemasyarakatan negara ini bahkan lebih baik dari pada rumah tempat mereka berasal.

Keterkejutan lain ditunjukkan oleh Duta Besar India untuk Uni Emirat Arab, TP Seetharam. Diketahui, di negara sumber minyak tersebut banyak warga negeri Hindustan yang tersangkut kasus dan harus mendekam di penjara. Anehnya, ketika ditanya oleh Seetharam, hanya sekitar 10% yang lebih memilih penjara di negeri asal mereka.

Dilaporkan oleh harian Al Shiraj, penjara di kota-kota besar di negara-negara Asia Timur seperti Abu Dhabi dan Dubai terkenal amat memanjakan para penghuninya, bahkan mirip seperti berada di hotel. Para tahanan dijaga kesehatannya, ruangan yang nyaman, program rehabilitasi produktif, bahkan disediakan sarana rekreasi yang bermacam-macam.

Meskipun sangat mewah, tapi Uni Emirat Arab bukan negara pemilik lembaga pemasyarkatan paling top di dunia. Penjara di Bastoy, Norwegia diakui dunia sebagai yang paling keren. Nggak hanya letak bangunannya yang di tepi danau dan berfasilitas pondokan aja, tapi para narapidana diberi kegiatan rehabilitasi yang menyenangkan seperti memancing dan berkuda.