Merdeka.com --- Lembaga parlemen di sebuah negara harusnya memberikan contoh yang baik pada warganya, termasuk soal urusan 'tata krama' di dunia maya. Namun para anggota dan staf DPR-nya Amerika mendapat sanksi tegas dari Wikipedia. Ada apa?

Sanksi yang diberikan pihak Wikipedia berupa larangan melakukan editing di laman mereka selama 10 hari penuh lewat akses alamat IP kantor dewan legislatif Amerika.

Hal ini tak lepas dari aksi pengubahan konten Wikipedia terkait dengan Mediate (salah satu situs berita) yang telah membuat berita seputar akun Twitter @congressedits. Pengubahan konten laman Mediate di Wikipedia pun cukup mengganggu selama beberapa hari terakhir.

Akun @congressedits adalah program robot yang terintegrasi dengan akun Twitter dan mampu memantau tiap perubahan laman Wikipedia yang dilakukan oleh anggota parlemen kemudian memposting informasi perubahan via Twitter.

Namun tampaknya beberapa oknum tidak terlalu suka dengan kisah buatan Mediate. Alhasil, laman Wikipedia Mediate diubah dengan menambahkan kata-kata yang tidak layak. Salah satunya, menyatakan bila Mediate adalah blog berita yang sangat diskriminatif terkait urusan gender.

Berkat nila setitik itulah, kini hampir 9000 staff di kantor parlemen Amerika tidak bisa menikmati kegiatan editing di Wikipedia. Tetapi hanya pengguna anonim yang akan diblokir aksesnya ke Wikipedia. Jika para dewan Amerika mendaftar di Wikipedia dan memiliki akun resmi , maka mereka tetap bisa merubah isi Wikipedia, Arstechnica (25/07).