Merdeka.com --- Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan kemarin melancarkan sindiran keras terhadap Israel atas tindakan negeri Zionis itu di Gaza, membandingkan mentalitas beberapa orang Israel dengan pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler.

Erdogan, yang menggambarkan dirinya sebagai pemimpin muslim global yang berbicara untuk hak-hak Palestina, telah mengintensifkan retorikanya dalam melawan Israel atas aksi dari negeri Yahudi itu di Gaza, menjelang pemilihan presiden Turki pada 10 Agustus mendatang, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Ahad (20/7).

"(Israel) tidak punya hati nurani, tidak punya kehormatan, tidak ada kebanggaan. Mereka mengutuk Hitler siang dan malam, tetapi mereka telah melampaui kebiadaban dilakukan Hitler," kata Erdogan di depan para pendukungnya di sebuah kampanye di Kota Ordu, kawasan Laut Hitam.

Erdogan telah menuduh politisi sayap kanan Israel Ayelet Shaked berbagi mentalitas yang sama seperti Hitler, setelah dia mengunggah pernyataan kontroversial di media sosial menyatakan bahwa warga Palestina pantas mati.

Erdogan telah berbicara keras terhadap Israel sejak negeri Zionis itu melancarkan serangannya terhadap para militan setia pada kelompok Islam Hamas di Gaza, yang kini telah menewaskan lebih dari 300 warga Palestina.

Dia menuduh negara Yahudi itu telah melaksanakan "genosida" terhadap warga Palestina dan telah mengesampingkan perbaikan hubungan bermasalah yang memburuk setelah serangan Israel terhadap kapal bantuan Gaza yang menewaskan sepuluh warga Turki pada 2010 lalu.