Talkmen.com --- Inilah ambisi baru Mark Zuckerberg Belum selesai dengan apa yang dilakukannya pada WhatsApp dan Oculus Rift, Zukcerberg kini hadir dengan kejutan baru.

Mark Zuckerberg adalah tipe businessman yang penuh dengan kejutan. Entah siapa orang yang berdiri di samping atau di belakangnya untuk memberikan advice tentang segala hal, Zuckerberg memiliki kebiasaan untuk hadir dengan kejutan.

Di saat orang-orang masih menantikan apa yang akan diperbuat Zuckerberg setelah ia mengakuisisi dua inovasi bernama WhatsApp dan Oculus Rift, Zukcerberg kini hadir dengan kejutan lain. Kali ini skalanya lebih besar dan lebih gila, namun luar biasa jika dipikirkan.

Zuckerberg rupanya memiliki ambisi dan misi tersendiri untuk membuat setiap orang di dunia bisa mengakses internet. Ia tidak membeli perusahaan atau melakukan hal-hal semacam itu kali ini, namun membangun armada udara yang siap menembakkan sinyal ke berbagai belahan Bumi. 

Drone, laser dan satelit yang menembakkan koneksi internet adalah ambisi terbaru Zuckerberg, yang disebutnya sebagai usaha untuk memajukan peradaban manusia.

Jika Zuckerberg memang ingin membuat peradaban manusia menjadi lebih baik, mengapa ia tidak membagikan seluruh pendanaan untuk project bernama Internet.org ini pada kalangan yang lebih membutuhkan alih-alih membangun alat-alat penembak koneksi internet? Well at this point, Anda harus ingat bahwa Zuckerberg adalah pemegang salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Ia adalahbusinessman, bukan pengurus charity.

Lantas apa yang bisa diharapkan dari project raksasa bernama Internet.org ini? Internet menjadikan hidup lebih instan. Anda yang hidup di kota besar mungkin merasakan banyak hal lebih mudah. Mulai dari akses transportasi hingga delivery makanan. Namun tidak semua tempat mengalami hal yang sama. Banyak negara yang masih membutuhkan bantuan di luar sana. Sebagai seseorang yang berpengaruh dalam bidang teknologi, tentu saja Zuckerberg memberikan hal yang masuk akal baginya. Internet. Perkembangan project ini memang belum bisa dijelaskan secara gambling, karena itu kisah dibaliknya masih dinantikan jutaan orang di seluruh dunia.

Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan yang memiliki ide untuk membagikan internet pada semua orang. Google adalah perusahaan lain yang terlebih dahulu muncul dengan ide ini dengan merilis project bernama Project Loon dan memanfaatkan alam untuk mengantarkan koneksi internet bagi semua orang. Niat Facebook dan Google sendiri bisa dibilang mulia, namun kejelasan tentang tanggal dan tahun perilisan project ini belum bisa dipastikan. For now, let's hope for the best.