Dengan kekayaan mencapai USD 81 miliar, Bill Gates sukses tercatat sebagai orang terkaya di Amerika Serikat saat ini. Memiliki harta sebanyak itu, bukan hal yang mengherankan jika pendiri Microsoft tersebut punya hunian yang nggak biasa.

Yup, rumah yang diberi nama Xanadu 2.0 itu berdiri di atas lahan seluas 66 ribu kaki persegi dan memiliki sekitar 24 kamar mandi. Nggak hanya itu, hunian keren tersebut juga berbalutkan berbagai teknologi yang keren. Lebih jauh lagi, berikut adalah fakta mengejutkan lain dari rumah tinggal mantan orang terkaya dunia tersebut.

Pajak tahunan mencapai Rp 12 miliar

Dengan luas tanah dan segala yang ada di dalam rumah tersebut, tentu aja biaya operasionalnya sangat mahal, termasuk salah satunya adalah pajak. Gates dikabarkan harus membayar sekitar USD 1 juta atau setara dengan Rp 12 miliar untuk membayar pajak tahunan Xanadu 2.0.

Rumah berteknologi tinggi

Sebagai pencetus teknologi IT dunia, bukan hal yang mengherankan jika rumah ini pun dilengkapi dengan fasilitas yang canggih. Misalnya, setiap ruangan memiliki sensor otomatis untuk menyesuaikan pencahayaan dan panas, hingga berbagai tombol keren yang bisa mengganti lukisan di dinding sesuka hati.

Perpustakaan seharga Rp 360 miliar

Bill Gates yang hobi membaca, mewujudkan kegiatan kesukaannya tersebut dengan membangun sebuah perpustakaan seharga Rp 360 miliar. Nggak hanya koleksi yang melimpah, ruangan ini memiliki kamar rahasia untuk menyimpan salah satu koleksi favoritnya. Yup, benda tersebut adalah sebuah manuskrip buatan Leonardo da Vinci seharga USD 30,8 juta.

Meskipun sangat kaya, Bill Gates juga dermawan dan murah hati lho. Tercatat, beberapa kali ia menyumbang bencana di dunia dalam jumlah besar, serta memiliki satu badan amal sendiri.