Kamu yang lahir di tahun 90an pasti merasa beda banget melihat ukuran tablet phone yang semakin tipis belakangan ini. Tablet tipis yang sekarang jadi idola untuk kamu bawa gaul ke mana-mana. Asal kamu tahu 20 tahunan lalu tablet muncul dengan body dan berat yang ngga main-main. Apa aja?

Tablet GRiDPad

Dari namanya mungkin kamu engga kenal tablet yang dirilis tahun 1989 ini. Dengan ukuran layar 10 inch, bobotnya mencapai 2 kilogram! Bisa bayangin ngga hangout sambil bawa benda segitu berat?

gadget tablet-gridpad

Atari STylus

Atari dirilis dua tahun setelah GRiDPad lahir. Spesifikasi andalannya adalah prosesor 68000 milik Motorola yang juga dipakai di konsol game Sega Genesis yang memiliki RAM 1 MB. Sayangnya, Atari STylus terpaksa dibatalkan karena ada masalah serius di akurasi penulisan stylus-nya.

 Toshiba T100X

Tahun 1993, Toshiba meluncurkan komputer berbasis pulpen dengan bobot yang 'ringan' di jamannya. Kamu cukup menyiapkan tenaga untuk membawa tablet seberat 1,5 kilogram ini, dan menyiapkan Rp 40 juta untuk menebusnya!

gadget toshiba

Fujitsu Stylistic 1000

Tablet keluaran Fujitsu dijual dengan 2 pilihan layar, monokrom dan warna. Dijejali hardisk hingga 340MB, bobotnya mencapai 1,7 kilogram. Masih cukup berat untuk tablet yang dikeluarkan tahun 1996, bukan?

 Apple Newton MessagePad

Ngga berlebihan kalau tablet ini disebut cikal bakal dari iPad. Dijual mulai tahun 1993, harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 11 juta per unit. Bobotnya hanya setengah kilogram saja!

gadget apple-newton

Bandingkan gadget angkatan 90an dengan tablet yang kamu pegang sekarang. Kamu pasti bersyukur memiliki gadget terbaru dengan layar lebar, ringan, dan lebih murah.