On This Day bukan satu-satunya fitur terbaru Facebook yang ditunggu banyak orang setelah 2 tahun pengembangan. Jejaring sosial jutaan orang tersebut dikabarkan juga tengah melakukan berbagai pengembangan yang bakal membuatnya ‘more than just a social media’. Dilansir dari Mashable, ini lah beberapa ide gila Mark ke depan untuk mengembangkan Facebook di masa depan.

Facebook Messenger

Perangkat chat ini sekarang udah stand alone apps yang bisa loe mainin tanpa menginstal Facebook sekalipun. Sangat banyak hal yang bisa dikembangkan dari Facebook Messenger menurut pria ini. Salah satunya adalah bisa saling berbagi konten entertaiment baik musik ataupun video.

Facebook Messenger Business

Pengembangan lain yang bisa dilakukan dengan messenger ini adalah menggunakannya sebagai fasilitas bisnis. Mark bisa membayangkan gimana mudahnya nanti para user memesan tiket pesawat atau hotel lewat aplikasi chat ini. Ia juga bakal mengembangkan kemungkinan apps ini digunakan sebagai media transaksi online yang nggak hanya memunculkan notifikasi sukses atau gagal aja, tapi juga respond dari seller dan buyer yang terlibat.

Embedded Video

Facebook bakal jadi ancaman terbesar Youtube setelah Vimeo dan Vine. Nantinya loe nggak cuma bisa play video lewat web Facebook sendiri, tapi juga bisa di-embed untuk ditampilkan di website lain. Facebook punya player yang diklaim lebih cepat dan minim buffer ketika kamu memilih opsi HD.

The internet of things

Facebook juga mengembangkan fitur yang disebut Software Developer Kit (SDK) yang memungkinkan loe untuk bisa mengkoneksikan internet dengan smart appliances. Misalnya aja smart garage, automatic doors dan segala hal yang bisa memungkinkan untuk dioperasikan hanya lewat internet.

Facebook udah nggak lagi digunakan untuk hal-hal sepele seperti update status atau berbagi konten. Nantinya, kamu bakal bisa melakukan hal-hal hebat hanya dalam satu platform aja. Sure, Google maupun Apple bakal ketar ketir dengan langkah cepat ini.