Sama halnya seperti Valentine Day yang dirayakan para couple di seluruh dunia, May Day yang diperingati hari Jumat kemarin juga dibikin hype sama para pekerja di seluruh dunia. Mulai dari aksi unjuk rasa, atraksi teatrikal dan juga long march. Kalau di Indonesia sih rata-rata malah acara musik.

Apa pun itu, tanggal 1 kemarin seluruh buruh di dunia seperti janjian untuk tumpah ruah di jalan-jalan dan mengutarakan pendapat mereka untuk bisa punya penghidupan yang lebih baik lagi.

Jepang

© Merdeka

Nggak ada acara khusus tentang perayaan May Day di Jepang. Para serikat pekerja hanya berkumpul sambil membentangkan bendera-bendera yang isinya rata-rata adalah curhat mereka tentang kesejahteraan. Tenang dan berlangsung tanpa anarkisme, Jepang banget deh!

Perancis

© Merdeka

Pemandangan unik juga ditemui di Perancis saat gelaran May Day kemarin. Alih-alih para buruh yang turun ke jalan, yang nampak malah ratusan pria dan wanita berpakaian rapi dan formal.  Mereka melakukan long march sambil membentangkan spanduk panjang serta menyorakkan yel-yel.

Hong Kong

© Merdeka

Meskipun membawa massa yang lebih sedikit, tapi hype May Day di Hong Kong tetap kerasa bahkan lebih semarak. Nggak hanya melakukan long march, tapi mereka membawa spanduk dan atribut yang unik-unik. Jadi mirip dengan karnaval nih daripada sebuah demonstrasi.

Semua turun ke jalan dengan harapan yang sama. Yup, ingin perubahan yang lebih baik dan tetap bisa bekerja menghidupi keluarga. Gimana dengan aksi May Day loe, Bro?