Talkmen.com --- Gigi pintar, alat yang menyerupai gigi yang membantu memantau kebiasaan makan.

Pola makan yang tidak benar merupakan salah satu pemicu mengapa berat badan tak kunjung turun, bahkan cenderung bertambah. Sayangnya, tidak semua orang menyadari kesalahan pola makan yang dilakukannya.

Melihat hal tersebut, peneliti menciptakan "gigi pintar". Alat ini mampu memantau kebiasaan lainnya seperti mengunyah, minum, batuk, dan merokok. Selain itu, "gigi pintar" juga bisa digunakan sebagai alat yang membantu dokter untuk memantau problem pernapasan.

Alat tersebut didesain untuk dapat mendeteksi gerakan rahang yang berbeda-beda, sehingga mampu mengungkap aktivitas apa saja yang dilakukan oleh mulut. "Otak" dari alat ini adalah sensor gerakan kecil yang hanya berukuran sebesar kuku jari. 

"Gigi pintar" dilengkapi kawat tipis yang menghantarkan informasi dari alat ke komputer. Saat informasi sudah disalurkan ke komputer, alat terbukti mampu memantau secara akurat 94 persen aktivitas yang dilakukan para peserta. Alat temuan National Taiwan University ini diharapkan akan memiliki sambung nirkabel yang menyambung ke komputer atau telepon pintar.

Para peneliti mengatakan, "gigi pintar" bisa dicabut di malam hari saat tidur untuk dibersihkan dan diisi ulang baterei. Keamanan alat juga terjamin, karena menurut para peneliti, alat tidak akan membahayakan kesehatan apabila tertelan.

smart-tooth

Menurut mereka, mulut merupakan bagian tubuh yang selalu konsisten digunakan. Banyak aktivitas yang dilakukan dengan mulut seperti makan, minum, berbicara, batuk, dan bernapas melalui mulut.

"Karena mulut merupakan pintu kesehatan manusia, sistem sensor pada mulut dapat dimanfaatkan sebagai alat pemantau kesehatan, seperti pelacak diet," ujar para peneliti.