Kalau loe suka nonton film detektif atau serial televisi agen rahasia, mungkin loe pernah lihat adegan ketika pemeran utamanya sedang menonton rekaman CCTV lalu gambarnya diperbesar dan tetap terlihat jelas. 

Nggak mungkin rasanya di tempat gelap seperti itu kamera CCTV bisa menghasilkan gambar yang benar-benar beresolusi tinggi. Sampai akhirnya Google Brain muncul dengan inovasi terbarunya.

Dikutip dari ArsTechnica, para peneliti di Google Brain berhasil membuat software yang bisa mempertajam foto dengan resolusi 8 x 8 pixel ke ukuran yang lebih layak. Foto sebesar itu tentu saja hanya berisi kotak-kotak tak jelas.



Software ini bekerja dalam dua tahap, conditioning network dan prior network, dengan membaca neural network dari foto tersebut. Kemudian akan mencari foto-foto lain yang punya kesamaan dalam hal tampilan dan warna untuk dikombinasikan.

Bagian yang hilang di foto dengan resolusi rendah tadi digantikan dengan detail dari foto serupa yang resolusinya lebih mumpuni. Yang akhirnya akan menciptakan sebuah foto baru yang identik dengan foto aslinya.

Saat ini  memang sedang dikembangkan. Jadi ke depannya siapa tahu memang bisa benar-benar memperbaiki foto-foto yang sudah tak jelas lagi tampilannya. Keren Google!