Kata 'stalker' mungkin emang terdengar agak horor. Di beberapa negara seperti Korea Selatan misalnya, kegiatan 'stalking' ini bisa jadi masalah besar dan bisa dipolisikan. Tapi kalau stalking di media sosial, yah, semua orang kayaknya sudah melakukannya. Dengan sangat baik.

Rasa penasaran loe sama seseorang kadang nggak bisa dibendung. Kalau udah tertarik, semua sosmed-nya bisa loe scroll sampai abis. Sama halnya kalau misalnya loe juga lagi suka banget sama barang-barang yang dijual salah satu online shop di Instagram. Bisa-bisa memori handphone loe penuh sama screenshot foto.

Nah, kalau loe emang hobi nyimpen foto hasil stalking, beberapa hack Instagram ini bisa loe lakukan bro. Supaya loe bisa jadi stalker sejati!

1. Yang paling simpel, manfaatkan screenshot di ponsel.
 


Semua ponsel berbasis Android dan iOS pasti punya fitur screenshot. Kalau loe nemu foto cewek cantik, pemandangan bagus atau sepatu yang pengin loe beli di Instagram, screenshot ini bisa loe lakukan secara cepat.

Masing-masing ponsel punya tombol dan cara sendiri untuk screenshot. Jadi coba loe pelajari dulu fitur ponsel loe sebelum mempraktekan ini.

2. Unduh aplikasi Instagram Photo Downloader.



Di PlayStore untuk Android banyak aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh untuk menyimpan foto-foto dari Instagram. Misalnya EasyDownloader for Instagram atau InstaSave for Instagram pasti berguna banget. 

File download-nya biasanya nggak gede-gede banget. Tapi pasti banyak iklan karena aplikasi gratisan.

3. Buat loe yang stalking di PC, trik kode developer ini bisa lo coba juga bro.
 


Coba loe buka Instagram di browser dan klik satu foto yang loe suka. Kalau loe pengguna Firefox coba tekan CTRL + SHIFT + C yang akan membawa loe ke tampilan koding web Instagram. Tekan lagi CTRL + F dan cari "jpg". Setelah loe temukan kode https://scontent.sdcinstagram.com, loe klik dan foto loe akan terbuka di tab baru. Tinggal save deh!

4. Snipping Tools Windows pun berguna disaat seperti ini.
 


Windows 7, 8, dan 10 punya aplikasi bawaan bernama Snipping Tools bro. Dengan aplikasi ini loe bisa melakukan screencaps layar laptop sesukanya. Termasuk juga screencaps foto orang yang lagi lo stalk di Instagram. Tanpa harus instal aplikasi lain, Snipping Tools sudah banyak membantu.

Nah, selamat stalking!