Talkmen.com --- Hindari batal puasa dengan kegiatan yang positif.

Isi waktu luang Anda dengan kegiatan yang menarik.   Puasa memang penuh godaan, tergantung bagaimana cara Anda menyingkapinya.

Puasa telah tiba, godaan pun semakin mendera. Pada minggu-minggu awal puasa memang rasanya mustahil kita mudah tergoda oleh hal-hal sepele. Tetapi memasuki minggu kedua atau ketiga, sepertinya godaan-godaan lebih mudah menyerang dan meruntuhkan kekuatan iman kita.

Ya memang hal tersebut kembali ke diri kita masing-masing, tergantung dengan seberasa besar kekuatan iman kita dalam menjaga diri dari nafsu. Dari beberapa pria yang TalkMen temui, sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa godaan terbesar saat berpuasa adalah rokok. Para pria perokok pastinya sudah terbiasa dengan rasa nikotin yang berputar dalam mulut mereka. Tetapi saat berpuasa secara tidak langsung mereka harus mengurangi kebiasaan buruk mereka ini, yang dianggap sebagai hal tersulit.

Hal tersulit kedua ialah menahan haus dan dahaga. Terkadang cuaca yang kurang bersahabat bisa menjadi faktor utama batalnya puasa kita. Misalkan saja saat matahari sedang bersinar dengan teriknya, dan Anda harus keluar dari kantor unuk bertemu klien atau mungkin harus melakukan kegiatan outdoor lainnya. Rasa haus akan menjadi musuh utama dalam hal yang satu ini.

Lalu langkah-langkah apa yang bisa kita lakukan untuk mengalihkan perhatian kita saat berpuasa agar puasa kita tetap berjalan dengan baik? Kali ini TalkMen akan mencoba memberikan beberapa poin yang bisa membuat puasa Anda lebih lancar tanpa gangguan.

Gadget

Teman setia Anda yang satu ini menjadi salah satu yang  paling penting dalam mengalihkan perhatian kita. Saat godaan-godaan mulai berdatangan, cobalah alihkan perhatian Anda dengan gadget Anda. Anda bisa membuka social media untuk mengisi waktu luang, atau bisa juga berkirim pesan lewat aplikasi-aplikasi pesan instan. Atau bisa juga Anda mencari kegiatan-kegiatan lain seperti browsing, atau mungkin menelpon kolega Anda di waktu senggang.

Game Console

Jika Anda sedang beristirahat dirumah, Anda juga bisa memanfaatkan konsol game Anda untuk mengalihkan perhatian Anda. Coba cari game baru yang seru dan tidak menjemukan agar Anda bisa betah berlama-lama didepan layar tv Anda untuk bermain game. Percaya atau tidak, banyak dari beberapa orang yang pernah saya temui yang menghabiskan libur puasanya untuk menamatkan game-game baru mereka. Mulai dari game action, hingga game horror yang membuat jantung berdegup kencang.

Movie or cinema

Menonton film juga bisa jadi alternatif lain untuk mengalihkan perhatian Anda. Coba Anda manfaatkan waktu luang Anda untuk marathon film dengan keluarga, teman-teman, ataupun dengan pacar Anda. Menonton lebih dari satu judul film bisa jadi salah satu poin menarik untuk membuang waktu. Jika kondisi keuangan sedang tidak stabil. Silakan beralih dari bioskop ke rumah. Dengan bermodalkan beberapa keping DVD  Anda bisa menonton lebih nyaman dirumah dan tidak kalah seru dibandingkan menonton di bioskop. Asalkan Anda tidak menonton film yang mengandung unsur-unsur yang bisa membatalkan puasa, saya rasa puasa Anda akan aman pada hari tersebut.

Writing

Menulis bisa jadi pilihan Anda untuk membunuh waktu, apalagi saat menjelang buka puasa. Anda bisa banyak menulis untuk blog pribadi Anda atau mungkin untuk catatan pribadi Anda sendiri. Karena saat menulis, Anda akan menikmati sensasi dan tampak memiliki dunia sendiri. Jika Anda fokus, saya yakin Anda akan merasakan waktu berjalan amat cepat saat Anda menulis, karena fokus Anda hanya tertuju pada kumpulan kata dan rangkaian kalimat yang Anda buat.

Drawing

Seperti layaknya menulis, menggambar juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang dan mengalihkan perhatian Anda. Anda gemar melukis? Silakan Anda rapikan kembali kanvas dan kuas Anda untuk kembali berekspresi. Atau Anda salah satu pecinta digital drawing? Nyalakan laptop atau komputer Anda, dan cobalah membuat sesuatu yang bisa menyita perhatian dan fokus Anda. Beberapa pilihan software siap menemani Anda untuk berimajinasi dan berekspresi.

Beberapa poin diatas diyakini bisa membuat Anda lebih nyaman dan lebih tenang dalam menjalankan ibadah puasa dalam Bulan Ramadhan ini. Sudah sepantasnya kita menjalankan bulan penuh rahmat ini dengan sebaik-baiknya, dan sebisa mungkin hindari kegiatan-kegiatan negatif yang bisa mengurangi kandungan puasa Anda atau mungkin membatalkan puasa Anda. Selamat berpuasa, mates!