Udah cukup banyak penelitian yang membahas tentang kehebatan otak. Yup, seperti yang kamu tahu, organ terpenting manusia ini menyimpan potensi yang luar biasa jika mampu dimaksimalkan oleh si empunya. Seperti apa yang dilakukan oleh pria asal Belanda ini. Hanya bermodal ingatan yang kuat, ia mampu menggambar sketsa kota yang pernah dikunjunginya dengan detail.

Pria bernama Stefan Bleekrode ini dibekali dengan kemampuan mengingat yang lebih dari orang lain. Tercatat hampir semua kota-kota besar yang pernah dikunjunginya berhasil diingatnya dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa gambar Stefan yang kemudian dibandingkan dengan aslinya. Hasilnya, akurat dan sangat detail. Rasanya nggak percaya ia mampu menggambar selengkap itu hanya bermodalkan ingatan aja.

Banyak orang yang kagum dengan hasil gambarnya. Jembatan, bangunan-bangunan padat, bahkan lampu jalan, melengkapi gambarnya yang rinci tersebut. Nggak hanya detail, ia juga memposisikan pandangan dari view yang enak banget dilihat. Proporsional dan seolah ditangkap dari sudut pandang udara.

Siapa yang menyangka jika keahliannya ini udah dilakukannya sejak ia berumur 10 tahun. Sejak usia yang masih sangat mudah tersebut, Stefan udah banyak belajar berbagai jenis gambar impresionis di berbagai tempat di Eropa semisal Belgia dan Perancis. Pelukis yang kini berusia 29 tahun tersebut juga udah melatih kemampuan mengingatnya sejak usia belia.

Meskipun terlihat mudah, tapi manusia juga punya batasan nih. Stefan mengaku jika nggak bisa langsung menyelesaikan sebuah karya hanya dalam satu hari. Ia membutuhkan setidaknya lima hari untuk gambar yang nggak terlalu besar. Bahkan untuk skala gambar yang lebih besar, ia membutuhkan waktu hingga setengah tahun. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika karyanya ini bisa terjual antara Rp 22,8 juta hingga Rp 76 juta. Wow!