Kembang api dan petasan sudah jadi hal yang wajar di malam tahun baru di Indonesia. Bahkan mungkin di beberapa negara di seluruh dunia. Tapi selain itu, ternyata ada bro yang has dari perayaan pergantian tahun.

Beberapa negara seperti Turki dan Rumania misalnya punya tradisi sendiri. Juga beberapa negara lainnya berikut ini:

1. Menari dengan kostum beruang di Rumania



Kalau di kisah Harry Potter, Rumania adalah pusat studi Naga di dunia. Tapi setiap tahun baru di Rumania mereka tidak menggelar ritual yang berhubungan dengan Naga. Jelas karena itu fiksi. 

Tetap menggunakan kostum hewan (tapi bukan naga) orang-orang Rumania menari berkostum beruang di malam tahun baru. Tidak menari-nari di lokasi ramai tetapi masuk dari rumah ke rumah untu mengusir roh jahat.

2. Everything is red in Turkey



Turki punya dress code di setiap tahun baru. Masyarakat Turki akan merayakannya dengan menggunakan baju berwarna merah. Sudah umum di kalangan masyarakat Turki sehingga setiap tahunnya baju berwarna merah akan sangat laku keras.

3. Pesta bersama orang mati



Chile literally merayakan tahun baru dengan seluruh anggota keluarga. Termasuk mereka yang sudah meninggal. Di tahun baru, pemakaman-pemakaman akan dibuka untuk umum dan mengundang orang-orang untuk datang.

Mereka akan duduk-duduk di sana dan merayakan tahun baru bersama sanak keluarga mereka yang sudah meninggal. Hiii...!!

4. Berenang dalam suhu membeku di Inggris



Mandi di air es sudah jadi tradisi di Wales, Inggris, setiap tahun baru. Mereka akan menceburkan diri ke kolam air dingin ini bersama-sama dengan hampir 1.500 orang. Sama seperti Ice Bucket Challenge, ini juga dilakukan untuk aman. Dan menurut kepercayaan orang-orang lokal, cara ini ampuh untuk bikin orang mabuk jadi sober di malam tahun baru.

5. Ciuman masal di Venesia


Venesia, Italia, tempatnya ciuman masal di malam tahun baru. Di St. Mark Square, selain menyaksikan kembang api besar biasanya perayaannya juga dilengkapi dengan ciuman masal di malam tahun baru. Wah wah wah!