Sifat boros atau suka menghamburkan kekayaan, sesaat emang menyenangkan. Tapi, efek bahkan bisa berlaku seumur hidup. Yup, seperti apa yang dialami oleh para miliarder ini. Udah susah-susah bekerja dan mengumpulkan uang, tapi akhirnya harus hidup susah gara-gara nggak bijak membelanjakan harta.

Siapa aja sih? Nah, berikut adalah ulasannya.

Jordan Belfort

Di usia yang belum genap 25 tahun, penghasilan Belfort udah mencapai hingga USD 250 juta. Semua benda yang diinginkan banyak orang dimilikinya saat itu. Rumah, mobil mewah, bahkan pesawat pribadi menghiasi daftar koleksinya. Tapi, gaya hidup yang nggak sehat seperti pesta dan boros, membuat tumpukan uangnya cepat habis. Akhirnya, ia benar-benar jatuh miskin ketika perbuatan pencucian uang yang dilakukannya berhasil diketahui oleh FBI.

Allen Stanford

Stanford masuk dalam daftar orang paling kaya versi majalah Forbes. Tapi, ternyata ia menggunakan cara yang nggak halal untuk semua kekayaan tersebut dengan melakukan investasi yang nggak berbagi hasil. Akibat penipuan tersebut, ia akhirnya harus mengganti kerugian para investor dan juga dihukum dengan 10 tahun kurungan penjara.

Sean Quinn

Pada tahun 2008, Quinn dinobatkan menjadi orang terkaya di Irlandia. Ia menjadi pemilik beberapa usaha besar seperti Anglo Irish Bank dan proyek konstruksi hampir di seluruh Eropa. Tapi di balik itu, ia ternyata gemar melakukan pesta dan hidup mewah. Hingga akhirnya semua investasi dan usahanya jatuh akibat krisis, dan membuatnya menjadi miskin seketika.

Jika orang sekaya mereka bisa miskin seketika, berarti boros harusnya menjadi hal pertama yang harus dihindari oleh semua pebisnis ya.