Talkmen.com --- Melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan kreatif.

Fokus adalah kunci utama dalam hal ini.

Dalam dunia kerja yang sibuk dan penuh tantangan, tidak sedikit orang yang memiliki masalah dengan kedisiplinan. Hal tersebut bisa menjurus pada kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti bangun kesiangan, kurang fokus yang mengakibatkan produktivitas di kantor menurun, dan banyak hal-hal lainnya. Menghilangkan kebiasaan buruk yang hinggap dalam diri Anda memang tidak mudah, namun bukan berarti menjadi seseorang yang lebih disiplin adalah hal mustahil.

Dalam bidang yang mengandalkan kreativitas sebagai senjata utama, ada beberapa hal yang menjadi penyebab kedisiplinan menjadi berkurang atau bahkan menghilang begitu saja. Di antaranya adalah:

Managemen waktu yang tidak teratur. Menunda-nunda suatu pekerjaan dan terlalu sibuk menghabiskan waktu untuk hal sia-sia sering diasosiasikan dengan hal ini. Namun jangan salah, ketika Anda mencoba melakukan sederet pekerjaan dalam satu waktu, hal tersebut juga termasuk dalam managemen waktu yang buruk. Anda perlu belajar untuk mengatur schedule dalam menyelesaikan pekerjaan agar semuanya berjalan mulus dan rapi.

Defensive, adalah hal yang wajar dilakukan ketika seseorang mendapat kritik, baik itu secara halus atau kasar. Menerima kritik dengan cara yang baik merupakan hal yang sama susahnya untuk dilakukan ketika Anda harus menerima permintaan maaf dari orang lain. Tidak mudah, namun banyak manfaat yang akan Anda terima jika berhasil melakukannya.

Terlalu percaya diri. Well, semua orang tahu bahwa menjadi seseorang yang memiliki pembawaanoverconfidence akan cenderung menjadi sombong dan tidak peduli pada pendapat orang lain. Hal ini cukup berkaitan dengan managemen waktu, ketika Anda menerima banyak pekerjaan dalam satu waktu tanpa memikirkan konsekuensinya.

Self-criticism. Ini adalah kebalikan dari poin di atas. Terlalu sering mengkritik diri sendiri akan membuat kepercayaan Anda surut. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kreativitas Anda, karena Anda takut ketika apa yang Anda lakukan tidak akan membuat bos tersenyum.

Berubah menjadi lebih baik adalah hal rumit

Ada satu alasan yang menghalangi Anda untuk menjadi seseorang yang lebih baik: tidak adanya rencana jangka panjang dalam perjalanan yang akan Anda tempuh dalam hidup. Komitmen juga merupakan hal penting, jangan lakukan sebuah perubahan sebagaimana Anda bersikap pada resolusi tahun baru yang biasanya bertahan hanya tiga bulan. Hal lain yang menjadi masalah adalah terkadang Anda terlalu memaksakan diri dalam membuat rencana. Lihat seberapa kemampuan Anda sebelum menentukan janji pada diri sendiri. Lakukan secara perlahan, jangan terburu-buru, buatlah motivasi dengan hal-hal kecil dan jangan tergiur untuk melakukan hal mustahil yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda.

Fokus adalah hal penting yang menjadi kunci sebuah perubahan dalam usaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang ada dalam diri Anda saat ini. Semua membutuhkan waktu dan tidak akan terjadi dalam satu hari saja.However, you've got to stay positive!