Merdeka.com --- Beberapa bulan lalu, pemerintah Jerman marah dan protes terhadap pemerintah Amerika Serikat karena telah melakukan tindakan penyadapan. Namun pihak Amerika Serikat melalui National Security Agency (NSA) ternyata masih melakukan aksi tersebut lagi.

Tentu saja, seiring dengan perhelatan Piala Dunia 2014 yang telah berakhir beberapa hari lalu, pemerintah Jerman kembali mengirimkan protes keras terhadap Amerika Serikat.

Dikutip dari Daily Mail (15/07), selain melakukan protes tersebut, pemerintah Jerman nampaknya memiliki satu cara yang unik untuk menangkal penyadapan yang dilakukan NSA itu.

Cara yang dimaksud adalah kembali menggunakan perangkat lama yang tidak terhubung dengan listrik atau juga internet untuk menjaga informasi negara yang penting dan sensitif yaitu kembali memakai mesin ketik.

Ide tersebut merupakan pemikiran dari seorang yang duduk di parlemen Jerman bernama Patrick Sensburg.

Dia berpikir bahwa NSA, Amerika Serikat dan sekutunya tidak akan dapat mengetahui dan menyadap apapun lagi apabila mereka kembali menggunakan mesin ketik untuk penulisan informasi penting.

Sebelumnya, ide tersebut sempat ditertawakan karena tidak lazim di era serba digital seperti sekarang ini, namun Sensburg menegaskan bahwa ide tersebut bukanlah main-main dan harus dilakukan untuk meredam aksi mata-mata Amerika Serikat.

Sayangnya, belum ada kepastian final apakah nantinya Jerman akan benar-benar kembali menggunakan mesin ketik atau memikirkan hal lain yang lebih praktis.