Talkmen.com --- Be a smart traveller.

Liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan dengan sedikit perencanaan yang matang.   Liburan perlu dipersiapkan secara matang. A little planing goes a long way!

Liburan merupakan salah sata cara untuk melepas kepenatan dari aktivitas Anda sehari-hari, mulai dari bekerja hingga Anda yang masih berkelut dalam bidang studi. Namun sadarkah Anda kadang liburan juga dapat membuat Anda stres dan justru menambah kepenatan Anda? Berikut adalah beberapa tips singkat  dan mudah dari Talkmen yang akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan dan membantu Anda untuk mendapatkan getaway yang sempurna dari hiruk pikuk keseharian Anda!

DO plan ahead

Rencanakan liburan Anda secara matang. Sumber: mashable.com

Tahap planning menjadi aspek terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum pergi berlibur. Hal pertama yang harus Anda persiapkan baik-baik adalah tanggal keberangkatan Anda. Buatlah perencanaan yang baik demi memaksimalkan kesenangan Anda dalam berlibur. Sebagai contoh, jika Anda tidak suka berlibur di suasana yang ramai, pilihlah tanggal yang tidak termasuk dalam holiday season. Satu catatan, lakukan faseplanning secepat mungkin, dengan melakukan perencanaan yang matang Anda bisa menghemat banyak uang dan juga waktu.

Terutama bagi Anda yang sudah bekerja dan hanya mempunyai jatah cuti yang pendek. Perhatikan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi lewat internet dan travel guide lainnya agar Anda tidak membuang-buang waktu liburan Anda yang mungkin tidak terlalu lama. Jika Anda sudah mempunyai destinasi kota tujuan tempat Anda berlibur, lakukan research untuk mencari tempat-tempat spesifik yang ingin Anda kunjungi. Perhatikan jarak dan lokasi dari tempat yang ingin Anda lihat dan sesuaikan dengan waktu yang Anda miliki. Anda tentu saja tidak mau waktu liburan Anda terbuang-buang dijalan bukan?

DON’T overpack

Pastikan Anda hanya membawa barang seperlunya. Sumber: travelreflex.com

Tips berikutnya adalah jangan terlalu banyak membawa bawaan. Ingat, Anda hanya sedang merencanakan liburan! Bukan pindah rumah! Bawalah barang secukupnya, hitung berapa hari Anda akan pergi berlibur dan sesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan Anda bawa. Tips lainnya adalah jika Anda memilih destinasi dimana tujuan utama Anda adalah untuk berbelanja, pastikan Anda tidak membawa banyak pakaian di dalam koper. Let's say Anda merencanakan trip ke Singapura, dan semua orang tahu bahwa Singapura adalah salah satu destinasi menarik untuk shopping. Bawalah pakaian secukupnya jika perlu seminim mungkin, toh Anda juga pasti akan berbelanja disana, so why waste your luggage untuk barang-barang yang Anda bawa dari rumah? Anda pasti tidak mau kerepotan mengurus bagasi pesawat yang overweight bukan? Apalagi sampai harus membeli tas atau koper baru untuk membawa barang-barang yang baru Anda beli disana. Make sense?

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat melakukan packing adalah persoalan gadget. Terutama jika Anda memilih destinasi yang lebih banyak kegiatan outdoor seperti Bali atau lombok. Come on man, do you really need all your gadgets mulai dari smartphone hingga tablet Anda? Bawalah gadget Anda seperlunya, jangan penuhi barang bawaan Anda dengan segala barang yang tidak penting. Selain akan memberatkan barang bawaan, Anda tentu tidak mau liburan Anda dipersulit dengan menjaga barang-barang mahal tersebut bukan?

DO make a budget

Persiapkan dana dengan matang sebelum pergi berlibur. Sumber: 12.bp.blogspot.com

Mempersiapkan dana dalam liburan tentu saja menjadi salah satu faktor terpenting dalam merencanakan liburan. Namun uniknya banyak orang yang justru melupakan aspek yang satu ini. Kebanyakan orang mempersiapkan dana dengan baik untuk biaya transportasi, biaya penginapan dan sebagainya. Tetapi sebenarnya banyak aspek lain yang harus diperkirakan saat merencanakan budget liburan. Mulai dari dana untuk makan, belanja, dan tentu saja Anda juga harus mempersiapkan dana untuk hal-hal yang tidak terduga.

Dana makan dan belanja mungkin sesuatu yang sudah pasti Anda siapkan selama ini namun banyak orang yang tidak memperhitungkan dana tidak terduga dalam liburan. Padahal justru mempunyai dana untuk hal-hal yang tidak terduga dalam liburan juga menjadi sesuatu yang sangat penting dan perlu Anda perhitungkan. Pada saat liburan, terkadang Anda harus menghadapi sesuatu yang tak Anda perhitungkan sebelumnya. Dana tambahan perlu dipersiapkan guna mengatisipasi kemungkinan-kemungkinan seperti kekurangan dana akibat membengkaknya biaya akomodasi, transportasi, dan sebagainya. Bayangkan saja jika Anda harus kehabisan uang ditengah liburan Anda.  

DON’T forget about yourself

Jangan lupakan diri Anda sendiri saat berlibur! Sumber: spotonlists.com

At the and of the day, waktu liburan adalah waktu bagi Anda melakukan refreshing. Waktu dimana Anda bisa melupakan sejenak segala kepenatan dan menjauh dari aktifitas Anda sehari-hari. Maka saran terakhir dai kami adalah jangan lupakan diri Anda sendiri. First rule, jangan persulit liburan Anda dengan barang titipan maupun oleh-oleh bagi kerabat Anda. Karena believe it or not, mencari oleh-oleh dan barang titipan sangat memakan waktu liburan Anda. Selain waktu, budget juga harus dipertimbangkan dalam mencari oleh-oleh. Jangan sampai Anda lebih banyak menghabiskan uang untuk oleh-oleh dan barang titipan sehingga Anda tidak mempunyai dana sisa untuk memanjakan diri Anda sendiri.

Ingat liburan yang telah Anda rencanakan dengan matang adalah demi kesenangan Anda, bukan orang lain. Namun pasti Anda juga pernah merasakan situasi dimana Anda masih harus memikirkan hal-hal lain saat liburan, selain masalah barang titipan maupun oleh-oleh, seringkali Anda juga masih tetap memikirkan pekerjaan Anda saat berlibur. Hentikan kebiasaan Anda tersebut dan mulai nikmatihlah libutan bagi Anda sendiri.

So that's some little tips from us bagi Anda untuk berlibur dengan santai dan menyenangkan. Kembali akan kami tekankan bahwa a little planning for your holiday goes a long way. So, keep in mind our travelling do's and don'ts, and have a nice holiday!