Merdeka.com --- Makan sahur emang gak diwajibkan, sahur adalah salah satu sunnah di bulan Ramadan yang sebaiknya gak ditinggalin. Demi ngejaga tubuh agar tetap kuat nahan lapar dan dahaga sepanjang hari, ada baiknya kalo Loe nyimak panduan sehat saat sahur ini. Cekidot Bro! 1. Salat Tahajud Sebelum sahur, gak ada salahnya buat ngejalanin ibadah salat Tajahud. Ini adalah salah satu cara bikin tubuh bisa terjaga ketika menikmati makan saat sahur. 2. Kurma Kurma emang identik dengan Ramadan. Buah yang satu ini pun bukan cuma bisa dinikmati ketika berbuka, tapi juga dianjurkan untuk dimakan saat sahur. 3. Serat Sama seperti sarapan, Loe perlu mencukupi asupan serat ketika sahur. Tujuannya adalah menahan agar perut bisa kenyang tahan lama. 4. Makanan yang digoreng Makanan yang digoreng cenderung tidak menyehatkan. Sifatnya pun mengenyangkan secara sementara saja. Jadi sebaiknya hindari makanan yang digoreng ketika sahur. 5. Buah dan sayur Jangan pernah tinggalkan buah dan sayur ketika sahur. Keduanya adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Buah dan sayur juga merupakan asupan serat yang penting. 6. Susu dan madu Segelas susu dan madu bisa dijadiin alternatif sebagai menu sahur yang sehat. Sebab udah banyak khasiat madu bagi kesehatan tubuh. 7. Batasi garam Garam bersifat menyerap air dari dalam sel, sehingga sel berisiko mengalami dehidrasi. Untuk menghindarinya, batasi atau bahkan hilangkan menu garam saat sahur. 8. Air putih Hindari teh atau kopi ketika sahur. Keduanya ternyata bisa membuat tubuh dehidrasi. Cukup perbanyak air putih aja demi mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. 9. Protein Selain serat, protein juga nutrisi yang penting yang bisa menahan perut kenyang lebih lama. Beberapa contoh sumber protein adalah telur, daging ayam dan sapi tanpa lemak. Nah, demikian beberapa panduan sehat buat sahur Loe. Dengan menikmati sahur sehat, Loe bakal tetap berenergi sampe waktu berbuka tiba, Bro.