‘Buang sampah pada tempatnya’ mungkin jadi kalimat paling familiar yang pernah kamu temui. Anjuran seperti ini emang seperti nggak pernah berhenti dilakukan meskipun ujung-ujungnya tetap sungai jadi tempat sampah favorit. Akibatnya, bau dan banjir jadi tamu langganan setiap musim hujan.

Nggak cuma kota-kota di Indonesia aja, ada pula tempat-tempat lain di berbagai negara yang warganya bisa bebas membuang sampah. Berikut daftarnya.

Cuidad Juarez, Meksiko

Banyak kota di Meksiko yang layak buat kamu jadikan destinasi wisata, tapi sebaiknya hindari yang satu ini. Alih-alih bakal dapat pemandangan hijau menyegarkan atau dibikin takjub akan modern-nya tata kota, kamu cuma bakal disambut timbunan sampah sejauh mata memandang. Bikin heran lagi ketika para warganya seperti nggak terlalu peduli.

Mumbai, India

Pesatnya pembangunan tapi nggak memperhatikan kebersihan dan sistem drainase, maka jadilah kota mumbai. Nggak percaya? Silahkan telusuri jalan-jalan yang ada dan kamu bakal menemui sampah berserakan di mana-mana. Sama kayak jakarta, mumbai juga kacau banget saat musim hujan.

Linfen, China

Beda dengan dua kota di atas, nggak ada sampah sejauh mata memandang. But wait, industri batu bara di Linfen membuat tempat ini bak tinggal di kepungan asap. Kamu nggak bakal melihat apa pun kecuali kabut yang bikin batuk setiap kali kamu menghirupnya.

Berkaca dari beberapa kota di atas, Indonesia sepertinya cukup beruntung. Masih terbuka kesempatan buat negeri tercinta kembali seperti dulu. Nggak ada kata terlambat untuk memulai kebaikan!