Talkmen.com --- Aneka burung besi punggawa kedaulatan negara. Dengan spesifikasi tempur yang canggih, pesawat-pesawat tempur ini layak disegani.

Bagi suatu negara, pertahanan militer merupakan salah satu perangkat utama yang harus dimiliki untuk menjaga kedaulatannya. Dari sekian banyak perangkat pertahanan negara, kelengkapan persenjataan termasuk dalam kategori penilaian kekuatan negara itu. Indonesia sebagai salah satu negara maritim yang cukup luas juga tak kalah dari segi kekuatan militer. Kita boleh bangga karena negara ini telah diperkuat oleh sejumlah peralatan artileri dan pesawat tempur yang tidak kalah dengan negara lain. Pesawat tempur jenis Sukhoi dan F-16 adalah beberapa di antara burung besi yang selalu mengawal keamanan negara Indonesia. Dengan beberapa pesawat tempur yang ada, tak bisa dipungkiri dari segi kecanggihan teknologi pesawat tempur milik Indonesia sedikit tertinggal.

Negara-negara superpower di dunia juga memiliki burung besi untuk kepentingan tempur dengan spesifikasi yang luar biasa. Ada yang berteknologi jet siluman, bunglon, sampai amfibi. Beberapa negara memang dikenal sebagai produsen peralatan tempur yang berkualitas, sebut saja Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang. Produk pesawat tempur lansiran negara-negara tersebut selalu menarik untuk diamati. Bukan hanya untuk kepentingan perang, namun pesawat tempur seolah dibuat sebagai ajang kecanggihan teknologi militer yang begitu memukau. Lupakan dulu isu-isu senjata pemusnah massal yang dituding dibuat oleh Iran atau Korea Utara, namun pesawat-pesawat jet super canggih ini sudah cukup membuat gentar saat maju ke medan perang.

Mitsubishi F-2

Tangguhnya pesawat tempur Mitsubishi F-2 buatan Jepang.  

Dibuat oleh Mitsubishi Heavy Industries dan Lockheed Martin yang bermarkas di Amerika Serikat, pesawat tempur Mitsubishi F-2 merupakan armada kebanggaan negara Jepang. Dengan spesifikasi tempur yang dikatakan serupa dengan Lockheed Martin F-22, wajar bila pesawat ini masuk dalam jajaran armada perang yang cukup disegani. Model pertama pesawat Mitsubishi F-22 dibuat tahun 1996 dan terus diproduksi dengan penyempurnaan teknologi super canggih. Mitsubishi F-22 mampu melesat dengan kecepatan maksimum 2.469,6 km/ jam dengan daya jelajah maksimum 834 km. Untuk kepentingan tempur, pesawat jet ini dilengkapi dengan misil Mitsubishi AAM-4 yang siap membombardir habis sasarannya. Tidak mengherankan jika Jepang begitu membanggakan armada ini sebagai salah satu pengawalnya yang paling tangguh.

Harga 1 unit: 127 juta dollar AS

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon telah dipercaya oleg beberapa negara di Eropa untuk menjadi bagian armada tempurnya.  

Pesawat tempur ini pertama kali dibuat pada tahun 1994 oleh Inggris. Hingga kini, pesawat berperawakan futuristik yang mirip dengan tunggangan alien ini masih termasuk dalam jajaran pesawat tempur tercanggih di dunia. Eurofighter Typhoon masuk dalam kategori pesawat bermesin ganda dengan kelengkapan canard-delta wing dan spesifikasi militer yang cukup menakutkan. EADS, Alenia Aeronautica, dan BAE Systems merupakan tiga perusahaan yang turut merancang pembuatan pesawat tempur ini di bawah komando Eurofighter GmbH. Pesawat tempur Eurofighter Typhoon saat ini menjadi perangkat pertahanan Royal Air Force, Austrian Air Force, Italian Air Force, German Air Force, Spanish Air Force, dan Royal Saudi Air Force.

Harga 1 unit: 122,5 juta dollar AS

Sukhoi T-50

Sejak lama Rusia memang terkenal dengan produk dirgantaranya, salah satunya adalah pesawat Sukhoi T-50 ini.  

Disebut juga dengan Sukhoi PAK FA (Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation), pesawat tempur ini masuk dalam kategori pesawat bermesin ganda yang dibuat oleh perusahaan Sukhoi untuk memperkuat armada pertahanan Russian Air Force. Sukhoi PAK FA merupakan nama proyek pembuatan pesawat-pesawat jet tempur super ganas dan Sukhoi T-50 adalah salah satunya. Pesawat tempur Sukhoi T-50 merupakan salah satu pesawat tempur yang cukup disegani dalam ranah militer internasional. Kekuatan fisik serta daya tempurnya begitu mencerminkan karakter militer Rusia dan keras dan tegas. Kini, Sukhoi T-50 telah dipinang untuk memperkuat armada tempur negara Rusia, Korea Selatan, dan Vietnam.

Harga 1 unit: 100 juta dollar AS

Lockheed Martin F-22 Raptor

Sesuai namanya, Lockheed Martin F-22 Raptor begitu cekatan dan gesit saat bermanuver.  

Seperti tak mau kalah dengan Rusia, Amerika pun turut unjuk gigi dalam menciptakan pesawat tempur terbaiknya. Pesawat tempur ini merupakan salah satu jenis armada tempur dengan teknologi siluman yang mampu mengelabui musuh dari tangkapan radar. Lockheed Martin F-22 Raptor dibuat dengan mesin ganda generasi kelima sebagai pesawat tempur yang memiliki kemampuan manuver super. Lockheed Martin Aeronautics adalah perusahaan yang merancang pembuatan pesawat ini dibantu Boeing Defense dan Space & Security untuk melengkapi persenjataannya. Hingga kini, Lockheed Martin F-22 Raptor merupakan salah satu armada tempur milik Amerika Serikat yang paling canggih di dunia.

Harga 1 unit: 100 juta dollar AS

Qaher F-313

Tak hanya mampu membuat pembangkit tenaga nuklir, Iran semakin cerdas dalam memproduksi armada militer seperti Qaher F-313.  

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang selalu mengundang kontroversi bagi negara-negara Barat. Negara pimpinan Presiden Mahmoud Ahmadinejad ini memang terkenal cerdas dalam menciptakan teknologi untuk militer dan pengolahan sumber daya alam. Dalam bidang militer, Iran mampu membuat pesawat tempur Qaher F-313 yang setara dengan buatan negara adi daya. Jet tempur ini termasuk dalam pesawat siluman yang dibuat oleh Iran Aviation Industries Organization. Dari segi desain, para pakar militer menerka jika Qaher F-313 terinspirasi dari Lockheed lansiran Amerika Serikat produksi tahun 1970-an. Qaher F-313 didukung oleh sistem komputerisasi CATIA dan mesin General Electric J85s yang merupakan sistem aviasi tempur tercanggih saat ini. Tenang, walaupun mengembangkan pembangkit tenaga nuklir, dipastikan pesawat tempur ini tidak menggunakan misil pemusnah massal yang sering dituding oleh banyak negara.

Harga 1 unit: belum dipublikasikan

Saab Gripen

Burung besi buatan Swedia ini dikenal memiliki sistem aviasi dan navigasi yang luar biasa.  

Burung besi untuk pertempuran ini adalah salah satu produk militer andalan negara Swedia. Saab JAS 39 'Gripen’ (Griffin) diproduksi oleh Saab dan pemasarannya dilakukan di bawah komando Griffin International yang merupakan hasil joint venture antara Saab dengan BAE Systems. Swedia mengadopsi desain Kanard dalam pembuatan pesawat tempur ini untuk menciptakan performa, daya tempuh, dan kemampuan manuver tempur yang luar biasa. Kombinasi unik terletak pada rancangan sayap yang memberikan ciri khas tersendiri dalam manuver sejak lepas landas hingga mendarat. Totalitas sistem aviasi pada pesawat Saab Gripen membuat pesawat ini dapat diprogram secara otomatis dari jarak jauh saat bermanuver di luar kendali pilotnya sendiri. Selain itu, pesawat ini juga dilengkapi sistem komputerisasi yang membuatnya mampu mengangkut beban maksimal tanpa mengurangi beban artilerinya.

Harga 1 unit: 60 juta dollar AS

SU-27

Inilah salah satu jenis pesawat tempur kebanggaan milik negara Indonesia.  

Pesawat tempur ini juga lansiran militer Rusia yang paling diandalkan. Organisasi keamanan dunia NATO menyebut pesawat ini dengan kode 'Flanker’. SU-27 pada awalnya diproduksi oleh USSR (Uni Soviet) dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Strategi pembuatan pesawat ini adalah untuk menyaingi pesawat generasi terbaru buatan Amerika Serikat seperti F-14 Tomcat, F-15 Eagle, dan F/A-18 Hornet. Dari segi manuver, SU-27 terkena dengan daya tempuh yang cukup jauh dengan sistem persenjataan kelas kakap. Dengan daya tempuh maksimum 3.350 km, SU-27 diciptakan sebagai pesawat inseptor dan pesawat tempur dengan superioritas jarak jauh. Sebagai bangsa Indonesia, Anda boleh berbangga karena pesawat SU-27 merupakan salah satu armada tempur yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia.

Harga 1 unit: 30 juta dollar AS