Talkmen.com --- Jatuh cinta ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Jatuh cinta memang berjuta rasanya. Ternyata selain membuat hati berbunga-bunga dan tak berhenti tersenyum, jatuh cinta juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Semakin sering merasakan perasaan cinta maka akan semakin baik bagi tubuh.

1. Mengurangi depresi dan stress

Menurut Health and Human Services, cinta dan kasih sayang bisa mengurangi stress dan depresi baik bagi pria maupun wanita. Karena jatuh cinta memberi sinyal untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian dari Annals of Behavioral Medicine, cinta dari pasangan kekasih, keluarga, dan orang terdekat memberikan energi positif yang mampu mengontrol serta menurunkan tekanan darah yang tinggi.

3. Menghindari rasa cemas

Faktanya, ketika sedang jatuh cinta, otak seseorang secara otomatis dapat mengatur tubuh untuk merasa tenang. Jatuh cinta mempunyai efek menenangkan rasa cemas yang kadang berlebihan.

4. Mengatasi rasa sakit dan menyembuhkan luka

Saat seseorang sedang jatuh cinta dan merasakan kasih sayang secara otomatis dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Dan bahkan semakin besar perasaan cinta yang ada maka semakin besar pula efeknya bagi kesembuhan.

5. Meningkatkan sistem imun

Perasaan cinta ternyata juga dapat membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Karena jatuh cinta, seseorang menjadi rajin merawat kesehatan dan kebersihan tubuhnya.