Puasa emang identik dengan bau mulut, Bro. Jelas aja karena saat puasa, mulut Loe dalam keadaan kering tanpa lewatnya makanan maupun cairan selama 16 jam. Tapi tenang dulu Bro, Gue mau bisikin Loe rahasia supaya mulut gak bau saat puasa. Cekidot! Yak, bau mulut ini sebenarnya bisa disebabin oleh banyak faktor. Misalnya, gigi berlubang atau radang gusi. Makanan yang melekat pada gigi di sekitar gusi dan lidah juga bisa memicu terjadinya bau mulut. Makanan yang melekat di gigi, kalo gak dibersihin dengan sikat gigi atau benang gigi setiap hari, bisa membusuk. Nah, makanan yang membusuk ini jadi penyebab dari bau mulut. Sisa makanan juga mempermudah berkembangnya bakteri yang bisa nyebabin penyakit gusi di dalam mulut. Bakteri ini akan menghasilkan produk sampingan yaitu sulfida dan amonia. Kondisi inilah yang menimbulkan bau mulut. Kalo Loe gak gosok gigi dan ngebersihin gigi secara benar dan konsisten, serta gak melakukan pemeriksaan gigi secara rutin di dokter gigi, sisa makanan bisa tetap betah di mulut. Dianjurin banget untuk gosok gigi Loe abis sahur dan malam hari sebelum tidur. Selain gosok gigi, Loe juga boleh pake benang gigi (dental floss) buat ngebersihin sela-sela gigi abis menyikat gigi. Supaya sisa makanan gak banyak ngumpul di mulut Loe. Well, harus gak sih puasa selalu diidentikan dengan bau mulut? Jawabnya, tentu tidak! Biar gimanapun, agama ngajarin kita untuk selalu ngejaga kebersihan, termasuk kebersihan mulut, Bro.   Sumber: sehatnews