Hingga saat ini publik masih dihebohkan dengan menghilangnya pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501. Seperti yang kamu tahu, pesawat jalur penerbangan Surabaya Singapura tersebut, tiba-tiba hilang kontak ketika berada di sekitar Pantai Belitung. Hingga kini pemerintah dan pihak terkait masih melakukan upaya pencarian tanda-tanda keberadaan pesawat ini.

Ternyata, apa yang dialami oleh pesawat milik AirAsia tersebut bukanlah yang paling parah. Ada beberapa insiden kecelakaan pesawat dari seluruh dunia yang tercatat merupakan yang paling tragis. Berikut adalah daftarnya.

Tabrakan pesawat KLM 4805 dan Pan AM 1736

Akibat kesalahan komunikasi yang dilakukan oleh petugas, akhirnya kecelakaan tragis antara pesawat KLM 4805 milik Belanda dan Pan AM 1736 milik Amerika Serikat pun nggak bisa dihindari. Lantaran hal ini, total korban meninggal adalah sekitar 583 orang, dan tercatat sebagai kecelakaan dengan korban jiwa terbesar sepanjang sejarah.

Pesawat Japan Airlines 123

Kecelakaan pesawat terparah juga dialami oleh Japan Airlines pada tahun 1985. Pesawat yang diduga mengalami masalah teknis ini tiba-tiba menghilang ketika berada di gunung Takamagahara. Khawatir hal buruk terjadi, maka pemerintah pun berusaha melakukan pencarian. Sayangnya, hampir nggak ada yang selamat dari kecelakaan ini.

Pesawat Kazakhstan Airline 1907

Lantaran sang pilot Kazakhstan Airlines yang kurang mahir berbahasa Inggris saat berkomunikasi dengan operator kontrol, maka akhirnya kecelakaan tragis pun nggak terelakkan. Diketahui, saat itu pesawat ini mengalami tabrakan di udara dengan Saudi Arabian Airlines 763. Korban diperkirakan berjumlah 349 orang.

Semoga nggak ada lagi deh kecelakaan pesawat yang merenggut banyak korban jiwa tersebut.